Mengapa Anjing Suka Makan Kotorannya Sendiri?

Kompas.com - 21/01/2018, 19:30 WIB
Ilustrasi anjing Daily MailIlustrasi anjing
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Jijik melihat anjing anda makan kotoran mereka sendiri? Jangan tergesa-gesa mengusirnya karena perilaku tersebut ada penjelasan ilmiahnya.

Penelitian dari Universitas California di Davis menunjukan 16 persen dari ribuan pemilik anjing setidaknya melihat anjing miliknya 6 kali makan kotorannya sendiri.

Perilaku itu memang belum ada penjelasan pastinya.

Namun menurut Benjamin Hart, seorang dokter hewan di Center for Animal Behavior di Davis, perilaku itu berhubungan dengan perilaku serigala, moyang anjing.

Serigala mempunyai kebiasaan buang air besar jauh dari tempat tinggalnya karena kotorannya mengandung telur parasit usus.

Baca Juga: Tahukah Anda, Indera Penciuman Manusia Bisa Sebaik Anjing

Menurut studi Hart, 80 persen dari anjing pemakan kotoran atau coprophagy akan memilih kotoran yang masih segar, setidaknya tidak tidak lebih dari dua hari.

"Jika anjing memakannya dengan benar maka aman untuk dimakan. Mereka tidak akan terinfeksi oleh parasit," tambahnya.

Di Jurnal Veterinary Medicine and Science, Hart menyimpulkan bahwa anjing pemakan kotoran zaman sekarang, masih membawa naluri nenek moyangnya.

Teka-teki mengapa anjing memakan kotoran memang belum selesai, namun setidaknya penjelasan di atas paling logis.

Baca Juga: Sadarkah Anda, Anjing Buta Warna Merah dan Hijau?

James Serpell, seorang profesor di sekolah kedokteran hewan Universitas Pennsylvania, menyebut teori Hart sebagai penjelasan yang masuk akal. Namun dirinya lebih cenderung menyebut anjing pemakan kotoran sebagai anjing yang rakus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber EurekAlert
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X