Kompas.com - 19/01/2018, 07:08 WIB
Ilustrasi sperma EraxionIlustrasi sperma
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Bila dibandingkan dengan alat kontrasepsi perempuan yang banyak pilihannya, pria hanya memiliki dua pilihan, yaitu kondom atau vasektomi.

Sebetulnya penelitian tentang kontrasepsi pria sudah dilakukan bertahun-tahun, tetapi belum ada hasil nyata. Pasalnya, menciptakan kontrasepsi baru yang aman dan teruji klinis tidak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang.

Penelitian terbaru tentang ramuan kuno di Afrika tampaknya bisa menjadi harapan baru bagi pria yang ingin menggunakan alat kontrasepsi.

Kunci dari ramuan ini adalah ouabain, zat di dalam ekstrak tumbuhan yang digunakan pejuang dan pemburu Afrika sebagai racun di panah mereka untuk menghentikan detak jantung korbannya.

Baca Juga: Kontrasepsi Gel Pria Pertama di Dunia Segera Diuji Coba Tahun Ini

Sebetulnya, mamalia juga memproduksi zat ini di tubuh mereka dalam dosis rendah untuk mengendalikan tekanan darah. Dokter juga terkadang memberikan meresepkan zat tersebut dalam dosis kecil untuk mengobati pasien serangan jantung.

Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa racun di ramuan tersebut bisa menghambat pergerakan sperma. Namun, karena efek racunnya bisa mengakibatkan serangan jantung, pembatasan penggunaan ramuan tersebut diberlakukan, apalagi untuk penggunaan sebagai alat kontrasepsi.

Kini, Gunda Georg dan Gustavo Blanco beserta timnya dari American Chemical Society telah berhasil menciptakan tiruan ouabain yang hanya memproduksi protein untuk melumpuhkan aktivitas sperma tanpa mengakibatkan serangan jantung.