Kompas.com - 16/01/2018, 21:07 WIB
Ilustrasi sperma EraxionIlustrasi sperma
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Dibandingkan dengan perempuan, pilihan kontrasepsi bagi pria tidak banyak. Selama ini kita hanya mengenal kondom atau vasektomi sebagai pencegahan kehamilan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Namun, kini sebuah terobosan baru sedang dikembangkan oleh para peneliti dari National Institute of Child Health and Human Development. Mereka sedang mengembangkan gel hormon yang dapat mengurangi produksi sperma.

Tim peneliti berharap efektifitas gel tersebut dapat diuji April mendatang.

Gel ini mengandung progestin sintetis bernama nestorone yang akan menghalangi testis menghasilkan sperma dan testosteron sintetis yang akan melawan ketidakseimbangan hormon.

Kombinasi yang berbeda antara progestin dan testosteron ini sebelumnya sudah pernah diuji dalam uji klinis yang hasilnya diterbitkan tahun lalu, hanya saja menggunakan metode suntikan yang dilakukan setiap dua bulan sekali.

Baca juga : Mengapa Alat Kontrasepsi Pria Tak Sebanyak Wanita?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti menemukan bahwa suntikan hormon tersebut 96 persen efektif untuk menekan jumlah sperma. Namun, uji coba dihentikan karena adanya keluhan dari pria mengenai perubahan suasana hati, nyeri otot, serta efek samping lainnya.

Kini gel kontrasepsi itu dibuat dengan kandungan testosteron sintetis yang jauh lebih sedikit daripada formula injeksi dengan harapan dapat mencegah terjadinya berbagai masalah lain.

Setidaknya ada 400 pasangan yang akan ambil bagian dalam studi ini. Mereka berasal dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Italia, Swedia, Cile dan Kenya.

Relawan pria akan mendapatkan sebotol gel yang akan mereka bawa pulang. Selanjutnya, mereka hanya perlu mengaplikasikan gel tersebut sekitar setengah sendok teh ke lengan atas dan bahu setiap hari.

Empat bulan pertama, pria akan menggunakan gel setiap hari, sementara pasangan mereka tetap akan menggunakan kontrasepsi pilihan mereka.

Baca juga : Kontrasepsi Hormonal untuk Pria Efektif Cegah Kehamilan 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Futurism
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.