Kompas.com - 17/01/2018, 19:30 WIB
Klaster galaksi X-ray terbesar, terpanas dan paling terang yang pernah ditemukan, dijuluki El Gordo. Klaster galaksi X-ray terbesar, terpanas dan paling terang yang pernah ditemukan, dijuluki El Gordo.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Tim ilmuwan teleskop luar angkasa Hubble yang dimotori NASA dan European Space Agency (ESA) mengumumkan temuan kluster galaksi terbesar di alam semesta.

Bukan berlebihan menyebutnya terbesar sebab massanya mencapai 3 juta miliar kali matahari dan hal ini pertama kali berhasil dihitung pada 2014.

Galaksi masif ini dinamai El Gordo, yang dalam bahasa Spanyol berarti gemuk. Nama lainnya adalah ACT-CLJ0101-4915.

Dalam rilis yang dikeluarkan NASA pada Selasa (16/1/2018), mereka menyebut kluster galaksi X-ray ini tak hanya yang paling besar, tapi juga terpanas dan yang paling terang.

Baca Juga : NASA Rekam Pecahnya Gunung Es di Antartika, Apa Penyebabnya?

Kluster galaksi ini adalah benda terbesar di alam semesta yang terikat dengan gravitasi dan mereka membutuhkan miliaran tahun dalam pembentukannya.

Kelompok galaksi yang lebih kecil perlahan berkumpul

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan Science Daily, Selasa (16/1/2018), pada tahun 2012 pengamatan dari Very Large Telescope (VLT) milik ESO, Chandra X-ray Observatory milik NASA dan Atacama Cosmology Telescope menunjukkan bahwa El Gordo sebenarnya terdiri dari dua kelompok galaksi yang bertabrakan.

Pembentukan kluster galaksi sangat bergantung pada materi gelap dan energi gelap. Dengan mempelajari kluster semacam itu, akhirnya membantu menjelaskan fenomena yang sulit dipahami ini.

Kemudian pada 2014, teleskop Hubble baru menemukan bahwa sebagian besar massa El Gordo tersembunyi dalam bentuk materi gelap.

Baca Juga : NASA Siapkan Dua Misi Baru untuk Teliti Bulan Terbesar Saturnus

Bukti yang ditangkap menunjukkan bahwa materi normal El Gordo sebagian besar tersusun dari gas panas yang terang di domain panjang gelombang X-ray. Gas panas melambat sementara materi gelapnya tidak.

Gambar ini diambil oleh kamera Hubble untuk Survei dan Wide-Field Camera 3 sebagai bagian dari program pengamatan yang disebut RELICS (Reionization Lensing Cluster Survey).

RELICS mencitrakan 41 gugus galaksi besar dengan tujuan untuk menemukan galaksi jarak jauh yang paling terang untuk pembelajaran Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) yang akan diluncurkan pada 2019.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.