Terinspirasi NASA, Teknik Pembibitan Baru Hasilkan Gandum Super

Kompas.com - 04/01/2018, 09:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com - Para peneliti di Australia berhasil menciptakan teknik pembibitan baru tanaman gandum yang menghasilkan kualitas gandum yang lebih bagus.

Biasanya sebuah varietas tanaman baru butuh waktu 10-20 tahun untuk bisa dikatakan tahan uji dan layak untuk menjadi produk pangan. Namun, terobosan baru dari peneliti di Australia membantah anggapan tersebut.

Inspirasi datang saat para peneliti di Queensland Alliance for Agriculture and Food Innovation (QAAFI) melihat para astronot NASA menyinari tanaman gandum secara berulang-ulang di luar angkasa agar lebih cepat tumbuh.

Dr Lee Hickey, peneliti senior di QAAFI, mempelajarinya dan memakai teknik para astronot tersebut untuk mempercepat proses pembibitan varietas benih tanaman.

Baca Juga: NASA Siapkan Dua Misi Baru untuk Teliti Bulan Terbesar Saturnus

"Penelitian kami menunjukkan bahwa kualitas dan hasil tanaman yang ditanam di bawah iklim buatan dengan metode penyinaran terus menerus bisa memperpanjang waktu siang hari, sehingga hasilnya bisa sama baik atau bahkan terkadang lebih baik daripada bibit yang disemai di rumah kaca biasa," katanya.

"Dari benih ke benih lagi, butuh waktu hanya sekitar enam minggu untuk gandum, dan metode ini juga berhasil untuk tanaman lainnya yang tumbuh dalam skala besar di Australia dan negara-negara lain di seluruh dunia, seperti kacang polong," kata Hickey dikutip dari ABC, Selasa (2/1/2018).

Bekerja sama dengan Dow Agrosciences, tim dari Universitas Queensland (UQ) pun mengembangkan sebuah varietas gandum baru dengan kandungan protein tinggi yang dsebut "DS Faraday". Varietas baru tersebut akan dirilis pada 2018.

"Kami memperkenalkan gen dormansi agar tanaman tersebut dapat bertahan pada masa panen yang basah," kata Dr Hickey.