Kompas.com - 17/01/2018, 17:00 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Oymyakon adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Yakutia, Rusia. Ini adalah desa terdingin yang secara permanen masih ditinggali manusia.

Nama Oymyakon berasal dari nama sungai Oymyakon yang berarti air yang tidak dapat membeku atau tempat ikan menghabiskan musim dingin.

Desa yang terletak di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut itu saat ini sedang mencapai titik terendah yang hampir mencapai rekor.

Saking dinginnya, termometer digital yang dipasang sebagai obyek wisata pecah. Angka terakhir yang ditunjukkan termometer adalah -62 derajat Celsius.

Baca juga : Tahun 2100, Suhu Asia Selatan Diprediksi Terlalu Panas untuk Manusia

Termometer di Oymyakon, Rusia berhenti bekerja tak lama setelah suhu mencapai -62C Termometer di Oymyakon, Rusia berhenti bekerja tak lama setelah suhu mencapai -62C

Dilansir dari The Siberian Times, Senin (15/1/2018), suhu dingin yang menusuk itu tak menghentikan sekitar 500 penduduk untuk beraktivitas.

Seperti yang dilakukan perempuan 24 tahun asal Yakutia, Anastasia Gruzdeva, yang pergi ke luar rumah bersama dua orang temannya.

Mereka bertiga justru mengabadikan momen dengan berswafoto dan diunggah ke Instagram. Dalam foto tersebut, bulu mata mereka bertiga membeku, seperti ada gumpalan salju putih yang menghiasi kelopak mata.

Anastasia Gruzdeva (kiri) bersama dua temannya di kota beku Yakutia Anastasia Gruzdeva (kiri) bersama dua temannya di kota beku Yakutia

Seorang jurnalis Elena Pototskaya juga mengabadikan momen yang dilakukan para turis China saat menghadapi suhu yang anjlok.

Dia tidak percaya karena turis China itu justru berani bermain air di sungai hanya mengenakan pakaian dalam.

"Kami penduduk setempat saja takut pergi ke luar, bahkan hanya di jalan karena dingin. Dan ternyata para turis ini justru mandi," tulisnya dalam keterangan video instagram yang diunggahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.