Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Dingin, 4 Hiu Ditemukan Membeku di Pesisir AS

Kompas.com - 06/01/2018, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Cuaca ekstrem di Amerika Serikat beberapa hari belakangan tak hanya membekukan air terjun Niagara saja. Baru-baru ini ikan hiu di wilayah lepas pantainya pun ditemukan membeku.

Seekor hiu membeku di pesisir Cape Cod, Amerika Serikat. Temuan tersebut merupakan yang keempat kalinya hiu membeku dalam musim dingin kali ini.

Penemuan ini bermula saat seorang warga menghubungi Atlantic White Shark Conservancy, lembaga konservasi yang fokus pada perlindungan hiu, ketika menemukan bagkai ikan hiu di teluk Massachusetts. Mereka menduga bahwa hiu tersebut terkena serangan dingin karena suhu yang tiba-tiba dingin, yang bisa menyebabkan hewan laut itu terdampar dan mati.

Dilansir dari Newsweek, Jumat (05/01/2018), berita ini muncul setelah tiga hiu lain dari spesies yang sama ditemukan tewas dari dugaan yang sama di Cape Cod. Spesies yang ditemukan adalah hiu perontok yang dikenal dengan ekor ekstra panjang sebagai cambuk setrum dan membunuh ikan.

Baca juga: Biasanya Panas, Kini Turun Salju, Ada Apa di Florida?

Para peneliti berpikir bahwa spesies ini bukanlah spesies yang dapat mengatasi dingin dan menghasilkan panas untuk tubuhnya sendiri. Maka saat suhu menjadi terlalu dingin untuk jangka waktu yang cukup lama, organ vital mereka tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya, mereka bisa shock, terdampar dipantai, dan mati.

Atlantic White Shark Conservancy sendiri sebelumnya telah melacak hiu perontok di perairan Atlantik pada sekelompok yang telah dilengkapi alat pelacak yang terhubung dengan satelit. Dari perlacakan tersebut, diketahui bahwa kawanan hiu tersebut bermigrasi ke selatan, ke arah pantai Virginia dan Carolina.

Menurut lembaga konservasi ini, mungkin saja hewan yang ditemukan membeku tersebut berpergian ke daerah tersebut. Sayangnya, hewan ii mungkin bingung karena bentuk pantai yang berubah akibat cuaca ekstrem tersebut.

Para peneliti juga sempat menemukan kura-kura yang "tertegun dalam dingin" di pantai yang belu selama musim dingin. Kedua binatang ini mungkin terdampar akibat air yang terlalu dingin untuk berenang.

Untuk kasus kura-kura, ia bisa menghirup udara di darat untuk memulihkan dirinya. Sayangnya, hal ini tidak bisa dilakukan oleh para hiu yang mengakibatkan mereka mungkin tak bisa pulih dari "kedinginan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com