Kompas.com - 09/01/2018, 21:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Saat tubuh merasa sakit dan nyeri, kita cenderung akan mencari obat-obatan yang beredar luas tanpa resep dokter.

Dilansir dari Hellosehat, ada dua jenis penghilang rasa sakit, yakni paracetamol yang bisa ditemukan di Panadol, Bisolvon, dan sebagainya; dan obat anti peradangan non-steroid (NSAID) yang meliputi ibuprofen (advil atau proris), naproxen, dan aspirin.

Sebuah temuan baru yang diterbitkan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences, Senin (8/1/2018), menyebut bahwa ibuprofen yang memiliki dosis lebih dari obat pereda nyeri lainnya memiliki dampak negatif pada testis pria muda.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Perancis dan Denmark memperlihatkan bagaimana reaksi ibuprofen dalam dosis yang biasa digunakan atlet saat dikonsumsi pria muda.

Baca juga : Pentingnya Melakukan Uji Testis Mandiri bagi Pria 

Hasilnya, kualitas hormon mereka menurun seperti yang umumnya terjadi pada pria paruh baya. Kondisi tersebut berkaitan dengan berkurangnya kesuburan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari CNN, Selasa (9/1/2018), temuan terbaru ini merupakan kelanjutan penelitian sebelumnya yang dilakukan pada ibu hamil.

Bernard Jégou, salah satu penulis dan pemimpin Institute of Research in Environmental and Occupational Health di Perancis, bersama koleganya dari Denmark telah meneliti dampak kesehatan pada ibu hamil saat mereka mengonsumsi satu dari tiga penghilang rasa sakit ringan yang dikenal di seluruh dunia. Antara lain aspirin, paracetamol, dan ibuprofen.

Temuan awal mereka yang dipublikasikan di beberapa makalah pada Maret 2017 menunjukkan bahwa ketika ibu hamil mengonsumsi penghilang rasa sakit, hal itu akan berpengaruh pada testis bayi laki-laki.

Testis dan Testosteron

Testis bukan hanya penghasil sperma. Testis juga yang organ utama mensekresikan testosteron atau hormon seks pria.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.