Kompas.com - 07/12/2016, 22:03 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menemukan benjolan di area testis adalah salah satu hal yang paling menakutkan seorang pria. Jika benjolan tersebut adalah kanker testis, mengetahuinya sejak awal bisa menyelamatkan hidup Anda.

Kanker testis adalah salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan, tetapi kemungkinan sembuh akan turun jika Anda baru bisa mendeteksinya setelah sel kanker menyebar.

Sebanyak 99 persen pria dengan kanker testis lokal (belum menyebar) dapat bertahan hidup lebih dari lima tahun setelah mereka tahu mereka mengidap kanker.

Tapi, kemungkinan itu turun menjadi 74 persen setelah sel kanker menyebar ke organ yang letaknya jauh dari testis, menurut data dari Cancer Institute’s Surveillance, Epidemiology, and End Results Program (SEER).

Haruskah Anda Melakukan Uji Testis Mandiri Secara Reguler?

Saat ini, U.S. Preventive Task Force tidak merekomendasikan uji mandiri testis secara rutin. Penyebab utamanya adalah karena mereka percaya, para pria tidak perlu dibuat stres dengan mencari hal-hal yang bisa dianggap berbahaya, padahal tidak, kata Tobias Kohler, MD, juru bicara American Urological Association dan profesor urologi di Southern Illinois University School of Medicine.

Ada kemungkinan bahwa bagian dari anatomi testis Anda, seperti misalnya korda spermatika atau epididimis (tabung yang menghubungkan testis dengan vas deferens), Anda rasakan bermassa padat sehingga Anda menjadi panik. Padahal, itu adalah hal yang sangat normal, kata Dr Kohler.

Saran: Jika Anda memiliki jadwal ke dokter, misalnya mungkin untuk pemeriksaan kesehatan rutin, minta dokter menunjukkan seperti apa benjolan atau bentuk testis yang normal dan mana yang tidak normal.

Setelah Anda mendapat ilmunya, Anda harus dapat menangkap setiap perubahan yang berpotensi masalah dalam testis Anda, kata Dr Kohler.

Banyak ahli urologi percaya, memeriksa testis secara mandiri dan reguler adalah tindakan yang pintar. Dr. Kohler dan penasihat urologi Men's Health, Larry Lipshultz, M.D., adalah dua ahli yang menyarankan pemeriksaan mandiri sebulan sekali. Berikut adalah cara untuk memulainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.