Kolaborasi NASA dan AI Google Temukan Tata Surya Mini Mirip Bumi

Kompas.com - 18/12/2017, 18:25 WIB
Matahari bumi Matahari bumi
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com - Pada hari Jumat (15/12/2017), NASA mengumumkan telah menemukan planet ekstrasurya baru di sistem bintang Kepler yang mirip sistem tata surya kita, tapi dalam versi mini. Namanya tata surya Kepler-90.

Kepler-90 disebut mirip sistem tata surya kita karena ia memiliki banyak planet, seperti matahari kita dengan planet pengiringnya.

Hal ini pertama kali diumumkan lewat akun resmi twitter NASA pada Jumat (15/12/2017) pukul 1:50 WIB dini hari atau pada Kamis (14/12/2017) waktu setempat.

"Pencarian misi @NASAKepler kami untuk planet baru dengan 'machine learning' menemukan sistem tata surya lain dengan 8 planet yang berjarak 2.500 tahun cahaya. Ini yang perlu Anda ketahui tentang penemuan #Kepler90"

Machine learning merupakan bidang ilmu komputer yang memberi kemampuan untuk mempelajari sesuatu tanpa diprogram secara eksplisit.