Kompas.com - 14/11/2017, 19:00 WIB
Es krim, pizza, dan juga bakteri E. coli dikirim NASA untuk astronot ISS. Es krim, pizza, dan juga bakteri E. coli dikirim NASA untuk astronot ISS.
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Mungkin, para astronom ISS saat ini sedang bahagia karena mereka mendapat pasokan makanan lezat dari bumi.

Hari Minggu kemarin (12/11/2017), NASA baru saja mengirimkan es krim dan pizza ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tak hanya makanan enak, NASA juga mengirimkan bakteri E Coli untuk para astronot.

Semuanya diangkut menggunakan roket Cygnus yang berangkat dari Wallops Island, Virginia, pukul 7.19 waktu setempat.

"Ada 32 buah beku, 30 mangkuk es krim rasa cokelat dan vanila, delapan batang es krim, dan 10 es krim sandwich," ujar seorang petugas NASA, seperti dikutip dari Inverse, Selasa (14/11/2017).

BACA: NASA Selesai Uji Coba Sistem Pelacak Asteroid Berbahaya

Dia mengungkapkan, makanan manis dan pizza dikirim untuk menyemangati para astronot yang sedang bertugas di luar angkasa tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, bakteri E coli yang dikirim sebenarnya adalah bahan uji coba para peneliti yang disebut E. coli Anti Microbial Satellite (EcamSat). Ide penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana E coli bertahan di lingkungan yang memiliki gaya gravitasi rendah (mikrogravitasi).

Proyek ini diharapkan dapat membantu para ilmuwan menciptakan antibiotik yang lebih baik jika astronot sakit.

"EcamSat akan menyelidiki efek antagonis dari ruang ketahanan antibiotik E. coli (patogen bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi saluran kemih)," jelas NASA.

Semua pengiriman bahan-bahan itu sangat penting bagi astronot NASA. Semoga saja tidak ada astronot di kapal luar angkasa yang harus berurusan dengan penyakit akibat E coli ketika sedang bertugas.

BACA: NASA Balas Surat Lamaran Kerja dari Anak 9 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Inverse
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.