Kompas.com - 30/11/2017, 19:31 WIB
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Apa jadinya jika bumi terpapar bakteri di luar angkasa? Baru-baru ini, bakteri hidup ditemukan di luar angkasa, tepatnya di luar stasiun ISS. Seorang kosmonot Rusia menyampaikan hal ini kepada kantor berita TASS minggu ini.

Anton Shkaplerov, yang akan memimpin kru ISS Rusia pada bulan Desember ini, berkata bahwa pihak mereka telah mengambil sampel bakteri saat beraktivitas di luar wahana ruang angkasa.

Sampel ini berasal dari bagian ISS yang kotor karena limbah bahan bakar dan dari celah-celah yang gelap. Dari hasil tes, jenis-jenis bakteri ini ternyata tidak terdaftar dalam modul ketika ISS diluncurkan pertama kali ke orbit Bumi.

Dikutip dari National Geographic, Selasa (28/11/2017), klaim Shkaplerov untuk saat ini dinilai masih meragukan.

Baca Juga: NASA Kirim Makanan Lezat dan Bakteri ke Luar Angkasa, Untuk Apa?

Dia tidak menyebutkan bila penelitian tersebut telah diperiksa oleh jurnal yang melalui penilaian rekan, yang berarti tidak jelas kapan dan bagaimana percobaan penuh dilakukan.

Selain itu, masih belum jelas bagaimana tim menghindari kontaminasi dari bakteri yang jauh lebih biasa di kosmonot atau di laboratorium bumi.

Daripada mikroba yang turun dari luar angkasa atau alien, jauh lebih masuk akal bila bagian luar stasiun luar angkasa ISS terkontaminasi oleh organisme bumi.

Pasalnya, kontaminasi bakteri bumi di luar angkasa bukan hal baru. Beberapa organisme yang dikirim ke luar angkasa, seperti tardigrada dan E coli, terbukti mampu hidup di luar angkasa.

Lalu, pada misi ISS sebelumnya, bakteri yang tidak sengaja "menumpang" pada tablet PC dan benda lainnya mampu untuk bertahan hidup, dan bahkan menyusup ke luar wahana ruang angkasa. Bakteri-bakteri ini mampu tinggal di sana selama tiga tahun, meskipun suhu berfluktuasi antara -150 hingga 150 derajat celcius.

Baca Juga: Teori Baru, Kehidupan Planet Berasal dari Debu Luar Angkasa

Pencegahan

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.