Mengenal Aritmia lewat Kasus Kematian Bondan Winarno

Kompas.com - 30/11/2017, 09:00 WIB
Bondan Winarno KOMPAS/SUSI IVVATY Bondan Winarno
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Kabar meninggalnya presenter kuliner Bondan Winarno cukup mengejutkan publik. Lama tak terdengar kabarnya, tiba-tiba presenter yang akrab dengan slogan Maknyus ini dikabarkan mengalami sejumlah masalah pada jantung.

Salah satu yang menyedot perhatian publik adalah mengenai komplikasi aritmia yang dialami Bondan pasca menjalai operasi jantung.

Apa sebenarnya aritmia itu?

Dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon pada Rabu (29/11/2017), dr Dian Setiawan Sp JP FIHA M Kes, menyebutkan aritmia adalah kelainan denyut jantung.

Baca Juga: Rahasia Besar Perjalanan Kesehatan Bondan Winarno 12 Tahun Terakhir

Aritmia berarti detak jantung yang tidak normal. Aritmia berarti detak jantung Anda keluar dari pakem ritme normalnya.

"Aritmia terjadi karena denyut tidak teratur. Memang aritmia itu basically, kelainan yang ada dalam jantung atau komplikasi yang terjadi akibat kelainan jantung yang lain," ujar cardiologist Indriati Heart Centre Solo Baru tersebut.

 “Aritmia bisa merupakan kelainan bawaan, atau bias jadi juga merupakan komplikasi penyakit yang sudah berat. Seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung,”

Dilansir dari WebMD, Kamis (29/07/2017), aritmia mungkin terasa seperti jantung yang berdetak kencang dan ditambahkan ritme terlalu cepat (takikardia) atau terlalu lambat (bradikardia). Bahkan bisa jadi, Anda tidak merasakan apapun karena beberapa aritmia bisa tanpa gejala pada awalnya.

Seperti yang dikatakan Dian, aritmia bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari memang bawaan kelainan jantung, hingga komplikasi yang muncul setelah berbagai masalah jantung yang dialami seseorang.

Tipe Aritmia

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X