Kompas.com - 22/11/2017, 18:17 WIB
Janin dalam telur kadal bearded dragon bisa mengganti kelamin dari jantan menjadi betina pada suhu 32 derajat Celsius lebih. University of CanberraJanin dalam telur kadal bearded dragon bisa mengganti kelamin dari jantan menjadi betina pada suhu 32 derajat Celsius lebih.
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com -- Anda tentu bisa merasakan bahwa belakangan ini, suhu terasa lebih panas dari biasanya. Namun pernahkah Anda membayangkan bahwa hal ini tidak saja berdampak pada manusia tetapi pada makhluk hidup lainnya?

Salah satunya pada kadal. Bagi beberapa kadal, efek kenaikan suhu mungkin secara harfiah membuat mereka "tidak punya otak".

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science menemukan bahwa kenaikan suhu pada perubahan iklim saat ini dapat membuat kadal berjanggut (bearded dragon) menjadi lebih bodoh.

Kadal asal Australia ini telah lama populer sebagai hewan peliharaan meski tidak sesederhana kelihatannya.

Baca juga: Bagaimana Perubahan Iklim Mendorong Orang untuk Gabung ISIS?

"Reptil telah lama dianggap makhluk lamban dan tidak cerdas," kata Anna Wilkinson, seorang ilmuwan kognisi hewan dari Univerity of Lincoln, Inggris dikutip dari National Geographic, Selasa (21/11/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadal sebenarnya memiliki keterampilan kognitif yang kompleks mulai dari navigasi hingga penyelesaian masalah.

Dalam studi terbarunya, Wilkinson dan kolega menemukan bahwa kadal berjanggut dengan nama ilmiah Pogona vitticeps dapat meniru satu sama lain untuk perilaku baru, sebuah tingkat kognisi sosial yang belum lama ini dianggap unik pada primata.

"Belajar mengamati perilaku orang lain dapat menjadi jalan pintas untuk menemukan solusi dan memungkinkan hewan menyelesaikan tugas yang mungkin tidak dapat mereka selesaikan melalui uji coba dan pembelajaran kesalahan," ujar Wilkinson.

"Reptil membutuhkan semua pembelajaran yang dapat mereka kumpulkan untuk menyesuaikan diri ketika dunia berubah," sambungnya.

Kuncinya pada inkubasi telur

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.