Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Pasifik Pagi Ini Tak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Kompas.com - 20/11/2017, 11:34 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pagi tadi, gempa bumi berkekuatan M 7,1 guncang kepulauan Loyalty, Samudera Pasifik barat daya.

Kejadian itu terjadi pukul 5:43 WIB dengan episenter terletak pada koordinat 21,36 LS - 168,78 BT. Tepatnya di kedalaman 14 km laut yang berjarak 82 kilometer arah timur laut kota Tadine, New Caledonia.

Gempa ini diperkirakan merupakan gempa utama (mainshock) setelah sebelumnya sudah didahului serangkaian gempa pendahuluan (foreshocks).

Minggu malam (19/11/2017) pukul 22:09 WIB sudah terjadi gempa kuat di zona yang sama dengan kekuatan M 6,6 dengan titik episenter ada pada koordinat 21,41 LS - 168,67 BT, kedalaman 27 km. Selanjutnya disusul beberapa gempa dengan kekuatan M 5,7; 4,7; 5,2; dan 4,5.

Baca Juga: Gempa 6,4 SR Guncang Xizang, Ini Penjelasan BMKG

"Sehingga gempa utama pagi ini didahului dengan lima gempa awalan," ujar Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Senin (20/11/2017).

Dia berkata, zona gempa New Caledonia secara seismisitas sangat aktif. Kaya akan aktivitas gempa bumi akibat aktivitas deformasi batuan kerakbumi di zona outer rise tensional dan subduksi lempeng.

Dengan memperhatikan mekanisme sumber dan episenternya, tampak bahwa gempa ini dipicu adanya penyesaran turun di zona outer rise pada jalur subduksi New Hebrides Subduction.

Dampaknya terjadi guncangan kuat di beberapa kota di wilayah New Caledonia dan Vanuatu. Seperti Tadine, Noumea, Thio, Kone, Hienghene, Port Vila, dan Isangel dalam skala intensitas V-VI MMI yang berpotensi menimbulkan kerusakan ringan.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang berpusat di Hawaii sempat memberikan informasi bahwa gempa tersebut kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar Lifou-New Caledonia, Mare-New Caledonia, Thio-New Caledonia, Ouinne-New Caledonia, dan Lenakel Vu.

Baca Juga: Waspada, Gempa Seperti di Iran Juga Bisa Terjadi di Indonesia

Berdasarkan hasil observasi muka laut telah terdeteksi tsunami kecil dengan ketinggian 0,9 meter  di Mare-New Caledonia, 0,22 meter di Lenakel Vu, 0,19 meter di Lifou-New Caledonia, 0,09 meter di Thio-New Caledonia, dan 0,37 meter di Ouinne-New Caledonia.

Dari hasil analisis BMKG, gempa bumi tersebut tidak akan berpotensi tsunami untuk wilayah Indonesia.

"Oleh karena itu, dihimbau kepada masyarakat supaya tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab," uajr Daryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com