Salin Artikel

NASA Kirim Makanan Lezat dan Bakteri ke Luar Angkasa, Untuk Apa?

KOMPAS.com - Mungkin, para astronom ISS saat ini sedang bahagia karena mereka mendapat pasokan makanan lezat dari bumi.

Hari Minggu kemarin (12/11/2017), NASA baru saja mengirimkan es krim dan pizza ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tak hanya makanan enak, NASA juga mengirimkan bakteri E Coli untuk para astronot.

Semuanya diangkut menggunakan roket Cygnus yang berangkat dari Wallops Island, Virginia, pukul 7.19 waktu setempat.

"Ada 32 buah beku, 30 mangkuk es krim rasa cokelat dan vanila, delapan batang es krim, dan 10 es krim sandwich," ujar seorang petugas NASA, seperti dikutip dari Inverse, Selasa (14/11/2017).

BACA: NASA Selesai Uji Coba Sistem Pelacak Asteroid Berbahaya

Sementara itu, bakteri E coli yang dikirim sebenarnya adalah bahan uji coba para peneliti yang disebut E. coli Anti Microbial Satellite (EcamSat). Ide penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana E coli bertahan di lingkungan yang memiliki gaya gravitasi rendah (mikrogravitasi).

Proyek ini diharapkan dapat membantu para ilmuwan menciptakan antibiotik yang lebih baik jika astronot sakit.

"EcamSat akan menyelidiki efek antagonis dari ruang ketahanan antibiotik E. coli (patogen bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi saluran kemih)," jelas NASA.

Semua pengiriman bahan-bahan itu sangat penting bagi astronot NASA. Semoga saja tidak ada astronot di kapal luar angkasa yang harus berurusan dengan penyakit akibat E coli ketika sedang bertugas.

BACA: NASA Balas Surat Lamaran Kerja dari Anak 9 Tahun