Kisah Dunia Satwa di Karibia yang Hilang akibat Tangan Manusia

Kompas.com - 08/11/2017, 21:45 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com -- Kisah manusia yang menyebabkan kepunahan spesies lain rupanya bukan cerita baru. Manusia telah berkali-kali mendatangi tempat baru, menguasai, dan menyingkirkan spesies asli yang sudah hidup terlebih dahulu di tempat tersebut.

Hal ini juga terjadi di kepulauan Karibia yang terpaksa kehilangan keragaman satwanya setelah kedatangan manusia.

Ribuan tahun yang lalu, hutan-hutan di Karibia menjadi rumah bagi 130 spesies mamalia yang beragam, mulai dari kukang, monyet raksasa, mammoth, hingga tikus yang berukuran sangat besar.

Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Liliana Davalos, peneliti dari Stony Brook University di New York, keberadaan mereka perlahan menyusut dan mengilang setelah manusia mendatangi pulau tersebut, sekitar 6.000 tahun yang lalu.

Baca juga : 1.000 Spesies Diprediksi Punah pada 2100, Ini Maknanya bagi Kita

Saat ini keragaman mamalia yang ditemukan di Karabia jauh lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Apa yang tersisa hanyalah 60 spesies kelelawar dan 13 spesies mamalia non -terbang.

Konklusi ini didapat dari hasil analisis bukti geologi, data fosil serta catatan migrasi manusia di wilayah tersebut.

Davalos, salah satu peneliti dalam studi ini, mengungkapkan bahwa ada dua hal utama yang terkoneksi sehingga menyebabkan punahnya satwa di Karibia.

Pertama, perubahan iklim yang terjadi pada saat itu membuat ekosistem berubah secara drastis. Lalu, kedatangan manusia ke kepulauan Karibia yang secara kebetulan bertepatan dengan perubahan iklim global. Kedua hal tersebut berkaitan satu sama lain dengan kepunahan spesies di Karibia.