Kompas.com - 01/11/2017, 17:08 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Hingga saat ini, prosedur transplantasi organ masih jauh dari sempurna. Salah satu tantangan terbesarnya adalah jumlah penerima dan pendonor yang berbanding terbalik.

Sebagai upaya untuk mengatasi daftar tunggu transplantasi organ yang kian panjang, para peneliti pun mencoba berbagai pendekatan untuk menciptakan organ pengganti.

Salah satunya adalah dengan menumbuhkan organ di laboratorium dari sel punca (sel induk). Selain itu, para peneliti juga mencoba mengubah organ babi secara genetis agar lebih mirip dengan manusia sehingga kemungkinannya untuk ditolak oleh sistem kekebalan tubuh dapat diperkecil.

Baca juga: Transplantasi Organ Babi ke Manusia Diperkirakan Terjadi dalam 2 Tahun

Kini, sebuah metode yang merupakan gabungan dari keduanya terus dikembangkan.

Disebut sebagai decel atau recel, para peneliti melarutkan sel-sel pada organ babi biasa untuk meninggalkan perancah (bangunan sementara) protein dalam bentuk asli organ. Perancah ini kemudian digabungkan dengan sel manusia.

Hingga baru-baru ini, teknik tersebut hanya diteliti untuk struktur kecil atau tipis seperti lapisan kulit. Sebab, menguraikan bagian dalam organ yang besar tergolong sulit untuk dilakukan.

Namun, sebuah penelitian yang dipimpin oleh perusahaan bioteknologi Amerika Serikat, Miromatrix, mengklaim telah berhasil menciptakan hati yang utuh dengan cara ini.