Dua Aurora Aneh Terlihat di Jupiter, Ternyata Beda Jauh dengan Bumi

Kompas.com - 31/10/2017, 19:15 WIB
Titik merah Jupiter. Suhunya mencapai 1.300 derajat celsius, mengalahkan lava terpanas di Bumi. NASATitik merah Jupiter. Suhunya mencapai 1.300 derajat celsius, mengalahkan lava terpanas di Bumi.

KOMPAS.com - Para ilmuwan akhirnya berhasil mendeteksi aurora sinar X yang ada di kutub selatan Jupiter.

Aurora yang ada di kutub selatan tidak bergerak pada waktu yang sama seperti aurora di kutub utara. Di bagian selatan, aurora memiliki irama pergerakan sendiri.

"Di bagian selatan memiliki denyut nadi yang aneh setiap 11 menit," kata William Dunn, astronom dari University College London, seperti dilansir dari ABC News, Selasa (31/10/2017).

Pria yang juga terlibat dalam penelitian yang sudah dipublikasikan di Nature Astronomy (30/10/2017) itu menjelaskan, fenomena tersebut berbeda dengan aurora yang ada di Bumi, di mana aurora di kutub utara dan selatan tidak beraturan dan umumnya saling berefleksi.