Gadis 11 Tahun Temukan Cara Deteksi Timbal Berbahaya dalam Air

Kompas.com - 19/10/2017, 19:45 WIB
Gitanjali Rao pemenang Young Scientist ChallengeAndy King, Gitanjali Rao pemenang Young Scientist Challenge

KOMPAS.com - Gitanjali Rao adalah seorang gadis berusia 11 tahun yang baru-baru ini memenangkan Discovery Education 3M Young Scientist Challenge tahun ini.

Gadis asal Colorado ini memenangkan ajang bergengsi tersebut setelah sensor yang ia ciptakan mampu mendeteksi kadar timbal dalam air lebih baik dari metode tradisional.

Kemenangan Rao diumumkan pada Selasa (17/10/2017). Dengan kemenangannya ini, Rao berhak mendapatkan 25.000 dollar Amerika atau setara dengan 337.850.075 rupiah.

Rao mengaku ide tersebut ia kembangka selama lima bulan sebagai respon dari krisis air yang melanda Flint, Michigan belakangan ini.

Baca: Kisah Cinta Sophia dengan Serangga yang Menginspirasi Ilmuwan Dunia

"Gagasan itu baru saja saya dapatkan saat melihat orang tua saya menguji timbal pada air di rumah kami," tutur siswa kelas tujuh ini seperti yang dikutip melalui Business Insider, Kamis (19/10/2017).

"Saya berpikir, 'Ini bukanlah cara yang andal dan saya harus melakukan sesuatu untuk mengubah ini," sambungnya.

Menurut data yang diperolah pada 2016, air yang terkontaminasi timbal menjadi masalah bagi 5.300 sistem air di Amerika Serikat. Karena itu, saat ingin menguji kadar timbal dalam air mereka, orang akan menggunakan satu dari dua cara.

Biasanya, orang-orang akan menggunakan strip tes timbal. Cara ini kelihatannya memang cepat, namun hasilnya tidak sepenuhnya akurat.

Cara lain yang bisa dilakukan biasanya adalah mengirim air ke (Environmental Protection Agency) EPA untuk di analisis.

Sayangnya, cara ini membutuhkan waktu lama dan peralatan yang mahal.

Karena hal tersebut, Rao kemudian ingin merancang solusi yang lebih cerdas dan efektif.

Halaman:


EditorYunanto Wiji Utomo
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X