Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaksi Terbesar di Jagat Raya Tertangkap Kamera NASA

Kompas.com - 06/01/2020, 12:22 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Jika Anda merasa galaksi Bima Sakti sudah berukuran cukup besar, tunggu sampai Anda melihat galaksi satu ini: UGC 2885.

UGC 2885 kerap disebut Godzilla Galaxy, atau “The King of Galaxies”. Sampai saat ini Godzilla Galaxy adalah galaksi terbesar di seluruh jagat raya.

Baca juga: Galaksi Cincin Misterius yang Membingungkan Astronom

Jaraknya sekitar 463.000 tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini memiliki ukuran 2,5 kali lebih besar dari Bima Sakti, serta memiliki jumlah bintang 10 kali lebih banyak.

“Apa yang membuatnya sebegitu besar, kami belum tahu,” tutur astronom Benne Holwerda seperti dilansir dari CNET, Senin (6/1/2020).

Keberadaan UGC 2885 telah diketahui oleh para astronom cukup lama. Ukurannya dihitung oleh astronom Vera Rubin pada 1980-an. Bagian tengah galaksi ini memiliki lubang hitam yang sangat besar.

Baca juga: Kanibal sampai Zombie, Berikut 8 Galaksi Aneh di Alam Semesta

Potret galaksi tersebut tertangkap kamera oleh teleskop Hubble milik NASA. Holwerda mengatakan, UGC 2885 ibarat monster yang tertidur di dasar lautan.

Anehnya, tidak ada benda langit lainnya yang berada di sekeliling galaksi masif tersebut. Beberapa galaksi memang dikenal kanibal, memakan galaksi lainnya. Namun terkait eksistensi UGC 2885, penyebabnya belum diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com