Hutan Purba Berusia 385 Juta Tahun Ditemukan di New York

Kompas.com - 21/12/2019, 20:04 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti berhasil mengungkap keberadaan hutan purba tertua di dunia.

Fosil hutan tersebut ditemukan di sebuah tambang di Kairo, New York dan diperkirakan berusia 385 juta tahun lalu.

Peneliti menemukan fosil hutan tertua tersebut pertama kali pada tahun 2009.

Semenjak itu tim peneliti internasional telah berhasil memetakan lebih dari 3000 meter persegi fosil hutan ini.

Baca juga: Terobosan Baru, Peneliti Kembangkan Gel Pencegah Kebakaran Hutan

Di area itu, peneliti menjumpai 3 sistem akar yang menunjukkan spesies pohon berbeda, menempati berbagai bagian lanskap

"Anda berjalan melalui akar-akar pohon kuno," kata Christoper Berry, paleobotanis dari Cardiff University, Inggris, dilansir Science Alert, Jumat (20/12/2019).

Salah satunya akar ada yang memiliki lebar hampir 11 meter.

Akar kayu panjang itu dianggap tanaman yang masuk dalam genus Archaeopteris.

Bekas akar Archaeopteris, pohon yang sudah punah, di situs fosil Kairo. Ini adalah fosil pohon tertua di dunia. Bekas akar Archaeopteris, pohon yang sudah punah, di situs fosil Kairo. Ini adalah fosil pohon tertua di dunia.

Genus tersebut merupakan nenek moyang dan salah satu pohon pertama yang menangkap dan menyimpan karbon dioksida dari udara dengan daun hijau rata.

Selain itu ada sistem akar milik pohon yang disebut Eospermatopteris, mirip dengan pohon palem. Berikutnya ada Lycopsida yang diperkirakan pertama kali muncul sekitar 360 juta tahun yang lalu.

Temuan ini menjadi penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan sebab membantu para ilmuwan untuk menyingkap bagaimana dan kapan pertama kali pohon ada di muka Bumi. Termasuk juga memahami apa dampak kemunculan pohon di Bumi beserta siklus alamnya.