Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ikan Muncul di Pantai Canggu Wajar, Tak Terkait Gempa Bali

Kompas.com - 16/07/2019, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sejak kemarin media sosial diramaikan dengan video yang menunjukkan ribuan ikan terdampar di Pantai Canggu, Badung, Bali.

Dalam video berdurasi singkat itu, tampak puluhan warga kegirangan menangkap dan mengumpulkan ikan yang terdampar.

Menurut keterangan singkat dalam video yang beredar, peristiwa ini berlangsung pada Senin malam (15/7/2019) sekitar pukul 19.00 WIB.

Melansir Tribun Bali, warga memastikan bahwa ikan yang terdampar itu adalah ikan jenis lemuru.

Baca juga: Viral Video Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Canggu, Dikaitkan Gempa Bali Hari Ini, Benarkah?

"Memang sekarang sedang musim ikan lemuru dan dua minggu lalu juga ada. Istilahnya bukan terdampar, jadi banyak ikan sedang musim," ungkap Suko Wardono, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BSPL) Denpasar.

Berkaitan dengan fenomena ini, banyak warganet yang mengaitkannya dengan gempa berkekuatan M 6,0 yang mengguncang Bali pagi tadi.

Namun benarkah ikan dapat merasakan getaran seismik dan menjadi petunjuk akan adanya gempa?

Ahli gempa dan tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko berpendapat, fenomena terdamparnya ikan dalam jumlah masal di Pantai Canggu tidak berhubungan dengan gempa pagi tadi.

"Saya berpendapat, fenomena ini tidak terkait dengan gempa bumi pagi ini. Habitat lemuru ada di Selat Bali, kenapa di Banyuwangi tidak ada fenomena serupa? Saya kira ada faktor lain," ujar Wingko kepada Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Menurut Dr Agung Budiharjo, Dosen Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang mengaitkan keberadaan ikan dalam jumlah banyak dengan gempa.

"Meski beberapa fenomena di beberapa wilayah terjadi seperti itu, misalnya ikan oar banyak dikaitkan dengan gempa Jepang atau anakan sidat dengan gempa Sumatera 2004, tapi sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang mengaitkan keduanya," tegas Agung kepada Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Lebih lanjut Agung menjelaskan, ikan laut secara biologi memang memiliki organ yang peka dan mampu mendeteksi getaran di sekitarnya, tapi hal ini belum bisa menjadi alasan ilmiah terkait keberadaan ikan di Pantai Canggu kemarin sebelum gempa pagi tadi.

"Kemampuan ikan untuk mendeteksi getaran hanya digunakan sebagai alat komunikasi ikan. Sehingga getaran gempa belum bisa dikaitkan secara langsung dengan keberadaan ikan yang terdampar," jelas Agung.

Alasan ikan terdampar di pantai dalam jumlah masif

Secara kasatmata ikan yang tampak dalam video memang mirip lemuru. Namun, Agung tidak dapat memastikannya karena perlu pengamatan secara langsung.

"Andaikan ikan tersebut adalah ikan lemuru, maka keberadaan ikan terdampai di pantai adalah wajar saja secara ilmiah," ungkap Agung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com