Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lihat Gerhana Bulan Sebagian Rabu Dini Hari, Gerhana Bulan Kasatmata Terakhir hingga 2021

Kompas.com - 16/07/2019, 08:36 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Gerhana bulan kembali bisa disaksikan dari Indonesia pada Rabu 916/7/2019) dini hatri. Kali ini, fenomena yang akan terjadi adalah gerhana bulan sebagian.

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan, gerhana bulan sebagian kali ini akan menjadi gerhana kasatmata terakhir pada 2019 dan takkan terulang hingga 26 Mei 2021.

Data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkap, seluruh gerhana bulan yang terjadi pada 2020 adalah gerhana bulan penumbra, karenanya tak bisa dilihat perbedaanya dengan purnama biasa. Tak seperti gerhana bulan sebagian kali ini.

Lantas bagaimana melihat gerhana bulan sebagian Rabu dini hari nanti? Meski tak ada yang spesial, ada triknya agar tak terlalu bosan menunggu.

Waktu

Gerhana bulan sebagian kali ini akan terjadi Rabu dini hari. Karenanya lebih baik beristirahat dahulu sebelum menyaksikannya.

Berdasatkan data NASA, fase awal gerhana bulan sebagian akan dimulai pukul 1.43 WIB. Namun, ini masih fase penumbra. Jadi, tak perlu khawatir melewatkannya.

Fase umbra, atau saat sebagian muka bulan memerah, akan terjadi mulai pukul 3.01 WIB. Bila anda ingin memotret tahapan gerhana bulan sebagian, maka bisa mulai mengamatinya pada waktu tersebut.

Gerhana bulan sebagian akan mencapai puncak pada pukul 4.03. Jika anda hanya ingin melihat puncak gerhana, maka bisa bangun sekitar pukul 3.50 dan mulai mengamatinya.

Baca juga: Saksikan Gerhana Bulan Kasatmata Terakhir Malam Ini, Takkan Terjadi hingga 2021

Fase umbra gerhana bulan sebagian akan berakhir pukul 5.59 WIB. Namun karena faktor matahari, kemungkinan besar anda hanya bisa menyaksikannya hingga sekitar pukul 5.00 WIB.

Lihat ke Arah Mana

Menurut NASA, gerhana bulan sebagian kali ini akan terjadi menjelang tenggelamnya bulan. Seperti benda langit lainnya, Bulan akan terbit di timur dan tenggelam di barat.

Karenanya, begitu bangun, lihatlah ke arah barat. Anda harus menemukan lokasi yang memungkinkan anda melihat ke arah barat dengan leluasa.

Karena sudah mendekati fajar, ketinggian bulan bakal cukup rendah. Pilihlah tempat seperti rooftop apartemen atau daerah yang lapang untuk mengamati. Kalau di gang, kemungkinan besar tak kelihatan.

Ekspektasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com