Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpel Sempurnakan Kiblat Lewat Fenomena Matahari di Atas Kabah

Kompas.com - 15/07/2019, 12:27 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini hingga besok, atau 15-16 Juli 2019, posisi Matahari akan bertepatan dengan garis lintang Kabar. Hal ini mengakibatkan Matahari akan tampak tepat di atas Kabah.

Bagi umat muslim, fenomena ini adalah saat tepat untuk memeriksa dan mengoreksi arah kiblat, apakah sudah mengarah ke kiblat atau masih mengalami kemiringan beberapa derajat dari arah seharusnya.

"Fenomena ini menyediakan cara mudah namun berakurasi sangat tinggi untuk menentukan arah kiblat suatu tempat sepanjang masih berada dalam kawasan yang tersinari cahaya Matahari," ujar Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir saat dihubungi oleh Kompas.com.

Lantas, bagaimana caranya memperbaiki posisi kiblat di rumah?

Baca juga: Cara Manfaatkan Matahari di Atas Kabah untuk Sempurnakan Kiblat di Rumah

 

Benda yang harus disiapkan adalah tongkat atau benda lurus seperti penggaris kayu panjang.

Kemudian carilah lokasi yang masih terkena paparan sinar Matahari hingga pukul 16.30 WIB, seperti lokasi dekat jendela atau sudut rumah.

"Sebelum pukul 16.26 WIB, tancapkan batang lurus ke lantai atau permukaan tanah secara tegak lurus dan bisa menghasilkan bayangan," tulis BMKG dalam keterangannya di Instagram.

"Tepat pada pukul 16.26 WIB, tandai arah bayangan yang dihasilkan oleh batang lurus. Garis itulah arah kiblat yang tepat bagi rumah tersebut," tulis BMKG.

Anda dapat memastikan jam yang tepat dengan memantau jam.bmkg.go.id.

Selain di rumah, pengecekan arah kiblat juga dapat dilakukan di luar ruangan atau berbagai tempat, dengan syarat kondisi permukaan lantai rata dan terpapar sinar Matahari langsung.

Fenomena Matahari di atas Kabah diakibatkan oleh gerak semu Matahari, di mana posisi tampak Matahari seperti bergeser setiap harinya dalam kurun waktu satu tahun.

Seperti diberitakan Kompas.com (27/5/2019), jika kita menghadap ke Matahari hari ini, maka secara otomatis kita juga menghadap kiblat. Begitu pula setiap benda yang terpasang tegak lurus akan menghasilkan bayangan yang terimpit dengan arah kiblat di tempat tersebut.

Baca juga: Matahari Ada di Atas Kabah Hari Ini, Apa yang Terjadi dan Kapan Persisnya?

BMKG menambahkan, peristiwa ini hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah. Sementara untuk Indonesia bagian Timur dilakukan di antipoda Kabah (sebalik arah Kabah) yang terjadi setiap 16 Januari pukul 6.29 WIT dan 28 November pukul 6.09 WIT.

Untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah, fenomena ini juga berlangsung dua kali, yakni pada 27-29 Mei pukul 16.18 serta 15-16 Juli pada pukul 16.26 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com