Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam Kok Bikin Kita Mimpi Buruk? Ilmuwan Menjawabnya

Kompas.com - 15/06/2019, 20:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Ketika kita merasa tak enak badan, sering kali suhu tubuh meningkat. Saat demam seperti itu, kadang kala kita sulit tidur.

Jika bisa tidur pun, sering kali terjadi mimpi-mimpi aneh atau tidak biasa. Fenomena ini sering disebut dengan "mimpi demam" dalam literatur populer untuk menggambarkan bayangan tak biasa yang muncul kala sakit.

Sayangnya, mimpi kala demam ini sering kali tidak mendapat perhatian. Tapi, dalam sebuah penelitian kecil tahun 2013 yang mensurvei gejala demam, beberapa individu memunculkan mimpi "aneh".

Salah satu peserta menyebutkan mimpi yang berulang selama masa remajanya dan kembali saat demam baru-baru ini. Lainnya menggambarkan mimpi yang tampaknya bergeser berulang kali antara situasi yang menyenangkan dan yang mengganggu.

Baca juga: Temuan Baru, Vitamin Ini Bikin Kita Gampang Mengingat Mimpi

Sebuah studi tahun 2016 mendokumentasikan jenis-jenis mimpi yang dialami beberapa orang selama demam dan kemudian membandingkannya dengan mimpi-mimpi yang dimiliki orang-orang ketika mereka sehat.

"Mimpi demam lebih aneh, lebih bernada negatif, (dan) termasuk lebih sedikit interaksi sosial (daripada mimpi normal)," kata Michael Schredl, salah satu penulis penelitian ini dikutip dari Time, Selasa (11/06/2019).

Sekitar 94 persen dari orang-orang yang pernah mengalami mimpi demam menggambarkan mereka sebagai negatif, penelitiannya menemukan.

Mereka juga menilai mimpi-mimpi ini jauh lebih "intens secara emosional" daripada mimpi-mimpi biasa mereka. Orang-orang dalam penelitian ini menggambarkan "makhluk dengan tangan dan kaki besar", serangga raksasa, dan kegelapan "perlahan menyebar ke seluruh penjuru".

Demam Sebabkan Mimpi Aneh

Namun, pertanyaan yang kemudian muncul adalah mengapa demam menyebabkan mimpi aneh dan intens?

Menurut Scredl dan koleganya, hal ini terjadi akibat suhu otak yang tinggi mengganggu proses kognitif normal otak.

"Idenya adalah bahwa otak tidak berfungsi dengan baik selama demam tinggi," katanya.

Hal ini, entah bagaimana, menghasilkan mimpi dengan kualitas yang tidak biasa dan tidak menyenangkan.

Peneliti tidur telah belajar bahwa sebagian besar mimpi tampaknya terjadi selama tahap gerakan mata cepat (REM) dari siklus tidur.

Baca juga: Jangan Abaikan Demam Saat Hamil

"Tidur REM sangat penting untuk kontrol suhu, [dan] demam menekan REM," kata Dr. J. Allan Hobson, seorang peneliti tidur dan profesor psikiatri emeritus di Harvard Medical School.

Jika demikian, maka masuk akal bahwa ketika demam mengganggu tidur REM, itu juga bisa mengubah sifat mimpi seseorang.

Halaman:
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com