Kompas.com - 08/01/2017, 19:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Demam saat hamil terkadang bukanlah hal yang serius, misalnya hanya kecapekan atau flu biasa. Meski demikian, Ibu sebaiknya jangan menganggap sepele kondisi demam saat hamil.

Terdapat beberapa gangguan atau penyakit saat hamil yang ditandai dengan demam. Berikut daftar gangguan serius yang perlu penanganan tenaga medis yang ditandai dengan demam saat hamil.

1. Korioamnionitis

Kondisi ini merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada selaput janin. Selain demam tinggi, gangguan kehamilan ini ditandai dengan keringat berlebih, detak jantung yang berdetak cepat dan keputihan yang tidak biasa. Gangguan ini dapat pula menyebabkan infeksi pada bayi saat lahir.

Korioamnionitis yang parah dan tidak diobati akan berdampak pada infeksi pinggul, perut, dan pembekuan darah pada Ibu. Sementara bayi bisa mengalami masalah pernapasan.

2. Infeksi rahim akibat keguguran

Rahim bisa mengalami infeksi akibat pembedahan medis yang terjadi akibat keguguran. Gangguan ini biasanya mulai terasa sejak trimester pertama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gejala yang mungkin terjadi antara lain demam tinggi, menggigil, sakit perut atau kram yang berlebihan, sakit punggung serta keluarnya darah dan cairan yang berlebihan.

Jika mengalami kondisi ini, obat antibiotik yang dapat mengatasinya. Jika tidak diobati, infeksi rahim berpotensi pada turunnya tekanan darah dan gangguan pernapasan pada janin.

3. Listeriosis

Halaman:


Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.