Temuan Baru, Vitamin Ini Bikin Kita Gampang Mengingat Mimpi

Kompas.com - 02/05/2018, 18:39 WIB
ilustrasi mimpi ilustrasi mimpi

KOMPAS.com - Beberapa orang sering terbangun tiba-tiba usai mengalami mimpi. Yang mengesalkan, kadang orang lupa mengingat kembali mimpinya.

Baru-baru ini peneliti asal Universitas Adelaide, Denholm Aspy, menemukan cara bagi manusia untuk mengingat lebih tajam bunga tidurnya.

Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal Perceptual and Motor Skills tersebut, kunci untuk mempertajam ingatan mimpi adalah vitamin B6.

Aspy merekrut 100 orang untuk eksperimen. Pada satu kelompok, dia memberi vitamin B6 sementara pada kelompok yang lain, dia memberi obat plasebo.

Hasil penelitian mengungkap, orang yang menerima vitamin B mampu menuturkan mimpi mereka lebih rinci. Hampir 64 persen dari kisah mimpi bisa diingat.

Bantahan Teori Sebelumnya

Sebelumnya, telah diajukan teori yang membeberkan penyebab vitamin B6 bisa mendongrak ingatan kita soal mimpi.

“Salah satunya lantaran (vitamin B6) mampu meningkatkan kewaspadaan dan bikin orang sering terbangun,” ujar Aspy dilansir IFLScience pada Rabu (2/5/2018).

Hal itu terbantahkan lewat penelitian terbaru Aspy. Vitamin B6 justru bikin orang tidur nyenyak.

Baca juga : Mengapa Burung Ini adalah Mimpi Buruk Semua Ibu?

Kemungkinannya, vitamin B6 membantu orang mengingat mimpi karena dalam mengubah hormon dari triptofan menjadi serotonin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X