Benarkah Orang Kidal Cenderung Ateis?

Kompas.com - 23/12/2017, 19:05 WIB
Ilustrasi tangan kidal SIlustrasi tangan kidal
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Apakah ideologi seseorang dapat diwariskan secara genetis, dan apakah orang kidal selalu berpandangan ateis?

Sebuah penelitian yang terbit di jurnal Evolutionary Psychological Science menyebutkan bahwa orang-orang religius cenderung tidak kidal dan tidak memiliki potensi autis dan skizofrenia.

Menurut para peneliti, hal ini karena orang religius lebih sedikit mengalami mutasi atau warisan genetik bagi generasi penerusnya.

Akademisi dari Inggris dan mengajar di Oulu University, Finlandia, Edward Dutton, menjelaskan bahwa ideologi seseorang di masa pra-Industri merupakan warisan turun-temurun dalam keluarga layaknya ciri-ciri genetik.

Sebab, hal tersebut berkaitan dengan kematangan diri, kesehatan mental, dan perilaku sosial.

Baca Juga: Seperti Manusia, Lebah Juga Bisa Kidal

Namun kini dengan kemajuan teknologi, usia manusia menjadi semakin panjang dan reproduksi menjadi semakin aman sehingga orang yang ateis menjadi lebih mudah menghasilkan orang ateis.

Dikutip dari Telegraph pada hari Kamis (21/122017), fenomena ini juga dihubungkan dengan peningkatan kepercayaan terhadap hal-hal supranatural. Di Inggris saja, kelompok ini mengalami lonjakan 40 persen antara tahun 2005 menjadi 52 persen dari seluruh populasi pada 2015.

Peneliti menjelaskan dalam jurnal mereka bahwa orang-orang religius di masa modern saat ini cenderung berasal dari warisan nenek moyang mereka yang hidup sangat religius di masa Pra-Industri.