Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Vaksin yang Penting untuk Remaja dan Kisaran Harganya

Kompas.com - 24/04/2019, 19:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Hampir semua orangtua mengetahui pentingnya vaksin dalam menjamin tumbuh kembang anak. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa remaja juga membutuhkan perlindungan dari vaksin.

Dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia 2019 yang jatuh pada minggu terakhir April ini, Kompas.com menghubungi seorang pakar melalui pesan singkat pada Rabu (24/4/2019) untuk menanyakan mengenai vaksin yang dibutuhkan remaja.

Berikut adalah lima jenis vaksin yang penting bagi remaja beserta kisaran harganya, menurut dr Yance Tengker, dokter umum di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr Oepomo, Surabaya.

1. Tdap

Vaksin Tdap berfungsi untuk mencegah tetanus, diferi dan pertusis atau batuk rejan. Bila Anda masih ingat vaksin DTP yang ditujukan untuk mencegah difteri, pertusis dan tetanus saat bayi; vaksin Tdap merupakan kelanjutannya.

Yance berkata bahwa Tdap dapat diberikan kepada remaja yang berusia di atas 10 tahun, yaitu 11-12 tahun, dan diikuti dengan vaksin booster setiap 10 tahun.

Tergantung dari merek dan instansi yang melakukan vaksin, Tdap berkisar antara Rp 130.000-400.000.

Baca juga: Skandal Temuan Wakefield dan Dampaknya Bagi Kegagalan Vaksin Global

2. HPV

Tidak kalah penting dari Tdap adalah HPV yang berfungsi untuk mencegah infeksi Human Papilloma Virus.

Masyarakat Indonesia mungkin mengenali virus tersebut dan vaksinnya ketika mengikuti perjuangan Julia Perez melawan kanker serviks. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa HPV juga dapat menyebabkan kanker vagina, kanker bibir vagina dan pada pria, kanker penis.

Oleh karena itu, Yance menyarankan pemberian vaksin HPV untuk remaja berusia di atas 10 tahun. Pada perempuan, vaksin ini idealnya diberikan dalam rentang usia 13-26 tahun. Sementara itu, laki-laki idealnya mendapatkan vaksin ini dalam rentang usia 13-21 tahun.

“Pemberian 3 kali, bulan ke-0 atau hari pertama vaksin, dua bulan setelah vaksin pertama dan enam bulan setelah vaksin kedua,” imbuh Yance.

Vaksin ini berkisar antara Rp 2.000.000-3.500.000 untuk tiga kali suntik.

3. Influenza

Sesuai namanya, vaksin influenza diberikan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com