Ditemukan, Bakteri Laut di Samudra Pasifik yang Mengonsumsi CO2

Kompas.com - 27/11/2018, 18:07 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah temuan tidak terduga terjadi di kedalaman laut 4.000 meter. Sekelompok ilmuwan yang sedang mempelajari ekosistem di Zona Fraktur Clarion-Clipperton (CCFZ), di Samudra Pasifik antara Meksiko dan Hawaii, menemukan bakteri yang mampu mengonsumsi karbon dioksida (CO2).

Dilansir dari IFL Science, Rabu (21/11/2018), para peneliti menganalisis sampel sedimen yang diambil dari daerah CCFZ yang berlokasi di sebelah barat Meksiko, dan menemukan bahwa bakteri dasar laut di wilayah tersebut mengonsumsi karbon dioksida dalam jumlah yang besar.

"Kami menemukan bahwa bakteri laut mengambil karbon dioksida dalam jumlah besar dan mengasimilasikannya ke dalam biomassa mereka melalui proses yang tidak diketahui. Biomassa tersebut kemudian berpotensi menjadi sumber makanan bagi biota lain di laut dalam," ujar Andrew Sweetman peneliti dari Heriot-Watt University, Inggris yang memipin studi ini.

Baca juga: Pemanasan Global, Mineral Ini Bisa Serap Karbon Dioksida di Atmosfer

Ia melanjutkan, bakteri di wilayah tersebut hanya membutuhkan waktu satu sampai dua hari untuk mengonsumsi sampah organik yang menghasilkan karbon dioksida. Jika diukur secara umum, apa yang bakteri hasilkan setara dengan memperbaiki sekitar 200 juta ton karbon dioksida menjadi biomassa setiap tahunnya.

Uniknya, kondisi ini tidak hanya terjadi di wilayah CCFZ.

"Ini setara dengan menghilangkan sekitar 10 persen karbon dioksida setiap tahun, jadi ini merupakan bagian penting dari siklus karbon laut dalam. Kami menemukan kegiatan yang sama di beberapa lokasi penelitian yang dipisahkan oleh ratusan kilometer, jadi kami bisa berasumsi bahwa ini terjadi di CCFZ timur dan mungkin di seluruh CCFZ," jelas Sweetman.

Menurut studi yang diterbitkan pada jurnal Limnology and Oceanography ini, CCFZ merupakan daerah yang saat ini sedang dieksplorasi untuk pengembangan pertambangan nikel, tembaga, dan kobalt. Andrew Sweetman dan timnya kemudian melakukan survei untuk menilai keanekaragaman hayati di wilayah CCFZ dan memahami dampak penambangan laut dalam.