Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Pertanyaan Anak Kecil Bikin Ilmuwan Mencari Bulannya Bulan

Kompas.com - 13/10/2018, 20:08 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com – Semangat para peneliti dari Observatorium Carnegie dan Laboratoire d'Astrophysique de Bordeaux terbakar ketika seorang anak kecil berusia empat tahun bertanya "Mungkinkah bulan memiliki bulan?"

Diterbitkan pada sumber penelitian pra-cetak arXiv pada hari Selasa (09/10/2018), penelitian menunjukkan bahwa bulan mungkin dapat memiliki satelit yang disebut submoon atau moonmoons, dan mereka mungkin berotasi di sekitar bulan milik bumi sendiri.

“Pada tahun 2014, putra saya yang berusia empat tahun bertanya, ‘Apakah bulan bisa memiliki bulan?’," kata Juna Kollmeier, astrofisikawan dari Observatorium Carnegie kepada Newsweek, Rabu (10/10/2018).

Dia melanjutkan, saya agak terkejut oleh pertanyaan itu karena tentu saja, kita tahu bahwa kita dapat menempatkan satelit di orbit sekitar bulan, tetapi kita juga tahu bahwa tidak ada submoon yang diketahui di sekitar setiap bulan di tata surya kita,” 

Baca juga: Kali Pertama, Para Astronom Temukan Bulan di Luar Tata Surya Kita

Sampai saat ini, satelit yang mengorbit di bulan memang belum ditemukan. Jadi, tidak ada nama resmi untuk itu.

Dalam makalah Kollmeier, dia dan rekan penulisnya Sean Raymond menyebut bulannya bula ini sebagai "submoon". Namun, orang lain telah menyarankan nama alternatif "moonmoon".

“Tanggapan awal saya adalah ‘Tidak mungkin’, submoon mungkin tidak dapat bertahan lama karena tidak ada banyak fase ruang yang stabil. Tidak mudah untuk meletakkan sesuatu di orbit dalam sistem hierarkis seperti ini dan bertahan untuk jangka waktu yang lama,” jelas Kollmeier.

Dengan kata lain, sulit untuk menemukan tempat yang sempurna di mana satelit cukup jauh dari bulan dan cukup besar sehingga memiliki objek tersendiri yang mengorbitnya, tetapi cukup dekat sehingga masih mengorbit planet itu.

Baca juga: Inilah Turis Pertama yang Akan Berwisata ke Bulan

Kollmeier berpikir, bukannya tidak mungkin kalau bulan memiliki satelitnya sendiri. Hal tersebut mungkin saja terjadi pada zaman dahulu. Hanya saja, satelit itu mungkin sudah hancur lebih dulu sebelum kita terpikirkan hal seperti ini.

“Ada semacam zona bahaya untuk satelit, planet, dan bulan. Mereka berinteraksi secara dinamis dan itu mungkin menyebabkan ketidakstabilan yang menyebabkan submoon baik menabrak bulan atau tersesat dari gravitasi bulan,” kata Kollmeier.

“Saya pikir akan sangat menarik untuk melakukan perhitungan yang lebih mendetail tentang evolusi dinamis dari submoon, dimulai dengan sistem primordial dan melihat bagaimana submoon berevolusi akan menjadi langkah logis selanjutnya,” kata Kollneier.

Dengan adanya kemungkinan bahwa bulan juga memiliki bulan, penelitian ini bisa berkembang pada tahapan yang lebih lanjut. Pasalnya, dalam tata surya kita, terdapat tiga planet yang memiliki bulan: Bumi dengan Bulan, Jupiter dengan Callisto, dan Saturnus dengan dua bulannya, Titus dan Lapetus. Mungkinkah mereka juga mempunyai bulan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com