Kompas.com - 04/07/2018, 12:31 WIB
Oumuamua adalah asteroid antarbintang pertama yang mengunjungi Tata Surya. Benda unik ini ditemukan pada 18 Oktober 2017 oleh teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Observasi selanjutnya dari Teleskop Very Large ESO di Cile dan observatorium lainnya di seluruh dunia menunjukkan bahwa dia melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama jutaan tahun sebelum bertemu dengan Tata Suya kita. Oumuamua merupakan benda metalik atau berbatu merah tua yang panjangnya mencapai 400 meter, dan tidak seperti apa yang biasanya ditemukan di Tata Surya. Oumuamua adalah asteroid antarbintang pertama yang mengunjungi Tata Surya. Benda unik ini ditemukan pada 18 Oktober 2017 oleh teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Observasi selanjutnya dari Teleskop Very Large ESO di Cile dan observatorium lainnya di seluruh dunia menunjukkan bahwa dia melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama jutaan tahun sebelum bertemu dengan Tata Suya kita. Oumuamua merupakan benda metalik atau berbatu merah tua yang panjangnya mencapai 400 meter, dan tidak seperti apa yang biasanya ditemukan di Tata Surya.

KOMPAS.com - Tim astronom gabungan dari berbagai negara menemukan beberapa bukti yang mengindikasikan bahwa Oumuamua adalah sebuah komet antar bintang, bukan asteorid.

Saat Oumuamua memasuki tata surya pada Oktober 2017 lalu, ia memiliki kecepatan yang sangat lambat dan diduga kuat sebagai asteroid.

Berdasar pengamatan 1 Juni 2018, para astronom dari European Space Agency, melihat adanya peningkatan kecepatan dalam laju Oumuamua, yakni sekitar 114 ribu kilometer/jam. Ini artinya, Oumuamua kemungkinan besar adalah komet.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature, Rabu (27/6/2018), gerakan Oumuamua yang lambat pada bulan Oktober itu disebabkan oleh tarikan gravitasi matahari.