Peneliti Temukan Kandidat Baru Dinosaurus Terbesar di Dunia

Kompas.com - 28/09/2018, 10:18 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber CNET,Newsweek

KOMPAS.com - Para ilmuwan berpikir bahwa mereka telah menemukan kandidat baru dinosaurus terbesar di dunia dari periode Jurassic.

Dalam laporan di jurnal Current Biology, para peneliti menyebut dinosaurus yang diperkirakan memiliki bobot 13 ton dan hidup sekitar 195 hingga 200 juta tahun lalu.

Fosil dinosaurus tersebut ditemukan di Afrika Selatan oleh sebuah tim internasional yang dipimpin oleh peneliti dari University of the Witwatersrand pada 2012.

Berdasar tempat temuannya, dinosaurus besar ini diberi nama Ledumahadi mafube yang berarti guntur raksasa saat fajar dalam bahasa resmi Afrika Selatan, Sesotho.

Analisis fosil mengungkap bahwa makhluk itu adalah kerabat dari sauropoda yang lebih awal. Dengan kata lain, hewan besar ini berkerabat dengan brontosaurus.

Hasil analisis tersebut juga menyebut bahwa dinoasurus tersebut berjalan dengan empat kaki dan merupakan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Namun, dibandingkan dengan kerabatnya, Brontosaurus, L.mafube memiliki lengan depan yang lebih pendek dan lebih tebal. Para peneliti percaya hal ini berguna untuk menopang berat badan makhluk raksasa itu.

"Hal pertama yang mengejutkan saya tentang hewan ini adalah kekuatan tulang ekstremitas yang luar biasa," ungkap Blair McPhee, penulis utama studi ini dikutip dari Cnet, Kamis (27/09/2018).