Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal dari Makan Sumsum Tulang, Tangan Manusia Berevolusi

Kompas.com - 18/07/2018, 17:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dari semua spesies di kingdom animalia, manusia telah berevolusi di bagian tangan dengan sangat luar biasa. Evolusi ini memungkinkan manusia melakukan sesuatu yang berbeda daripada sepupu kita di keluarga primata yang lain.

Dibandingkan dengan tangan primata, manusia memiliki jempol yang lebih panjang dan lebih berotot, jari lebih pendek, dan pergelangan tangan lebih lentur.

Selain itu, tangan manusia juga memiliki permukaan tulang sendi lebih besar serta fitur terkait dengan telapak tangan yang lebih stabil.

Kekuatan genggaman kita mungkin lebih rendah dari kera dan simpanse, tetapi ketangkasan kita melampaui mereka.

Dirangkum dari Science Daily, Rabu (11/07/2018), hal ini menurut para peneliti merupakan hasil dari penggunaan alat, senjata ,serta benda yang berkontribusi pada evolusi tangan manusia.

Baca juga: Studi Ungkap Arti Variasi Bentuk Puting Perempuan bagi Evolusi Manusia

Namun, kini antropolog dari University of Kent, Inggris berpikir jika evolusi tangan manusia tidak hanya terpengaruh pada hal di atas.

Mereka menemukan jika ada aktivitas manusia yang terabaikan namun berpengaruh pada bentuk tangan kita sekarang kini.

Aktivitas yang termasuk didalamnya adalah membuka tulang-tulang untuk mendapatkan sumsum, yang kaya lemak dan padat kalori di dalamnya, meremukkan kacang, memotong daging yang semuanya dilakukan oleh manusia purba.

"Perilaku ini semuanya melibatkan materi yang berbeda, tujuan akhir yang berbeda, dan pola kekuatan serta gerakan yang berbeda untuk lengan bagian atas," tulis peneliti dalam makalah mereka dikutip dari Science Alert, Kamis (12/07/2018).

"Oleh karena itu, tidak mungkin bahwa setiap perilaku memberikan pengaruh yang sama pada evolusi tangan manusia modern," tegas mereka.

Sebaliknya, menurut para peneliti, tekanan selektif pada tangan serta jumlah waktu yang dihabiskan untuk melakukan kegiatan tersebut mungkin akan berpengaruh pada tangan manusia.

Untuk lebih memahami aktivitas yang berbeda terhadap evolusi tangan manusia serta mencari tahu kontribusi spesifik dari kegiatan manusia purba ini, peneliti kemudian menggunakan sistem sensor tekanan manual yang disebut Pliance.

Alat tersebut digunakan pada jari-jari seperti sarung tangan, sensor kemudian menentukan jumlah tekanan pada masing-masing pemakainya.

Kemudian 39 orang relawan dicatat ketika melakukan berbagai pekerjaan menggunakan alat tersebut.

Pekerjaan yang dimaksud antara lain memecah kacang, memukul tulang dengan palu batu, memahat batu untuk menghasilkan serpihan.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Alis adalah Langkah Penting dalam Evolusi Manusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com