Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Rakun Panjat Gedung Setinggi 23 Lantai, Bagaimana Bisa?

Kompas.com - 15/06/2018, 18:42 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Selasa (12/6/2018), media sosial milik warga St. Paul, Minnesota, AS, dihebohkan dengan tingkah seekor rakun yang berani memanjat dinding sampai ketinggian 23 lantai.

Rakun ini hanya mengandalkan tepian jendela selagi memanjat dinding menuju atap bangunan.

Warga Minnesota memperkirakan rakun itu berada di atas atap selama 20 jam tanpa makan dan minum.

Meski rakun pemberani ini sudah berhasil diturunkan dengan selamat, masih banyak yang bertanya mengapa rakun bisa memanjat dinding sampai 23 lantai.

Baca juga: Viral, Video Orangutan Hadapi Buldozer Saat Habitatnya Dirusak

Menjawab pertanyaan itu, pegawai Departemen Sumber Daya Alam Minnesota Bryan Lueth, mengatakan perilaku rakun itu dipicu oleh naluri alamiahnya.

Menurut Lueth dalam situs Departemen Ikan dan Margasatwa Washington (WDFD), rakun adalah hewan pemanjat yang sangat lincah.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya sarang rakun yang berada di pepohonan atau dekat cerobong asap sebuah bangunan.

Selain itu, rakun memiliki kuku tajam di tangan dan kaki untuk memudahkannya berpegangan di permukaan yang terjal seperti pojon dan tebing.

"Tidak seperti kucing, rakun bahkan bisa memutar cakarnya 180 derajat agar bisa turun dengan kepala terlebih dahulu," tulisnya dilansir Live Science, Rabu (13/6/2018).

Ini artinya, rakun dapat memanjat benda apa pun, entah mobil, tong sampah, atap rumah, pohon, bahkan gedung pencakar langit.

Kemampuan rakun untuk memanjat sudah lama diketahui. Salah satunya bahkan pernah dibahas dalam sebuah laporan penelitian di tahun 1907.

Baca juga: Viral Tantangan #BeatPlasticPollution di Antara Selebritas, Apa Itu?

"Dinding gedung tentu lebih sulit dipanjat daripada pohon. Namun pasti ada retakan atau celah pada dinding yang digunakan rakun sebagai pijakan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com