Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Ungkap Perasaan Lumba-lumba yang Hidup di Penangkaran

Kompas.com - 29/05/2018, 19:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com - Manusia akan bahagia saat berjumpa atau bisa bermain dengan lumba-lumba. Namun, bagaimana perasaan lumba-lumba di penangkaran?

Untuk pertama kalinya ilmuwan Perancis mencoba mengukur tingkat kebahagiaan lumba-lumba di penangkaran. Hal ini untuk mengetahui tingkat kesejahteraan lumba-lumba.

Setelah tiga tahun mengamati interaksi lumba-lumba dan pawangnya, laporan mereka akhirnya terbit di jurnal Applied Animal Behavior Science bulan ini.

Kesimpulan laporan itu menyebut lumba-lumba sangat antusias dan bahagia saat bertemu dengan manusia yang sudah dikenalnya. Dalam hal ini tak lain pawang atau pelatih lumba-lumba.

Baca juga: Di Bali, Gigi Lumba-lumba Dicabut Agar Tak Lukai Wisatawan

Dirangkum dari BBC, Senin (28/5/2018), ikatan yang baik antara manusia dan lumba-lumba akan berdampak baik pula untuk kesejahteraan hewan.

Sebelumnya, Dr Isabella Clegg bersama koleganya dari Universitas Paris merancang eksperimen untuk mengetahui perasaan lumba-lumba lewat sejumlah kegiatan dan bagaimana gerakan tubuh lumba-lumba mengekspresikannya.

"Kami ingin mencari tahu kegiatan apa yang paling mereka sukai," ujar Clegg kepada BBC.

Ada tiga kegiatan yang diujikan. Pertama pelatih datang dan bermain dengan lumba-lumba. Kedua, pelatih masih di dalam kolam dan memberikan beberapa mainan untuk lumba-lumba. Terakhir, pelatih meninggalkan lumba-lumba bersama mainannya.

"Dari sini kami menemukan sesuatu yang sangat menarik. Semua lumba-lumba nampak menanti kesempatan untuk dapat berinteraksi  dengan manusia yang dikenalnya," jelas Clegg.

Perasaan itu ditunjukkan lumba-lumba dengan mengintip permukaan air dan melihat ke arah tempat pelatih biasanya datang.

Saat pelatih sudah datang, mereka akan meningkatkan aktivitas dan menghabiskan lebih banyak waktu di tepian kolam.

Menurut Clegg, perilaku lumba-lumba ini sama seperti hewan lain yang ada di penangkaran.

Baca juga: Teka Teki Buaya Purba Berevolusi Jadi Lumba-lumba Terjawab

Memelihara lumba-lumba di tempat penangkaran selama ini menjadi pro kontra di Perancis. Namun, pemerintah setempat belum lama ini mencabut larangan penangkaran lumba-lumba.

Bagi Clegg, temuannnya ini akan meningkatkan kehidupan ribuan hewan yang menghabiskan hidup mereka di tempat penangkaran.

"Bagi hewan yang hidup di penangkaran, sangat penting untuk mengetahui apakah hewan-hewan ini hidup sejahtera. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mengamati perilaku mereka untuk memahami perasaan mereka," ujar Clegg.

"Namun jika mereka hidup sejahtera di penangkaran, kami masih membutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan kehadiran hewan-hewan ini membuat orang tertarik dengan konservasi. Jika mereka di penangkaran hanya untuk hiburan, itu tidak bisa dibenarkan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com