Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan China Tawarkan Solusi Murnikan Air dengan Biaya Murah

Kompas.com - 07/05/2018, 18:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber CGTN News


KOMPAS.com - Ilmuwan China sukses mengembangkan selaput yang dapat memisahkan garam dari air dan berfungsi untuk pemurnian air secara efisien.

Studi yang dipimpin profesor Zhang Lin di Universitas Zheijang, China, mengembangkan selaput yang dibentuk oleh gelembung dan tabung berskala nano sebagai "tenda" berbentuk setengah lingkaran yang menutupi selaput.

Studi yang dipublikasikan dalam majalah Science, Jumat (4/5/2018) menjelaskan, ruang antara "tenda" dapat mengurangi resistensi terhadap penetrasi air. Hal ini memungkinkan air merembes tiga sampai empat kali lebih cepat daripada selaput tradisional untuk pemurnian air.

Baca juga : Lawan Krisis Air Bersih, Alat Ini Bikin Laut Mati Aman Diminum

"Nanofiltrasi adalah salah satu teknologi paling maju untuk mengolah air dengan biaya rendah. Ini akan berperan aktif untuk memanfaatkan kembali air industri, memurnikan air rumah, pemanfaatan sumber daya hujan, serta pengolahan air payau," kata Zhang.

Dilansir CGTN News, Senin (7/5/2018), Zhang membuat selaput yang mirip seperti membran pada bagian dalam usus mamalia, di mana dapat menyereap air dan nutrisi.

Menurutnya, selaput nanofiltrasi merupakan bahan penting yang banyak digunakan dalam pengolahan air tingkat lanjut, pelunakan air keras, dan pengolahan air payau. Selaput nanofiltrasi dapat menghilangkan zat organik, pigmen, dan garam tertentu dalam air.

Penelitian Zhan dan timnya ini sudah siap untuk komersialisasi.

Baca juga : China Kembangkan Sistem Pembuat Hujan Terbesar di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CGTN News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com