Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2018, 18:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Rusia akan segera meluncurkan pembangkit listrik tenaga nuklir. Uniknya, Pembangkit listrik ini terapung sehingga disebut "Titanic Nuklir".

Tujuannya pembuatan pembangkit listrik apung ini adalah memberikan aliran listrik ke daerah-daerah terpencil di bagian utara dan timur jauh Rusia.

Dengan cara ini, negara tersebut akan memangkas biaya secara signifikan untuk mengaliri listrik setiap wilayah. Itu karena mereka hanya perlu memindahkan kapal ke tempat yang diperlukan, bukannya memindahkan mesin lewat jalur darat.

Jika sesuai rencana, pembangkit listrik berjuluk Akademik Lomonosov ini akan menjadi aset besar bagi Rusia.

Baca juga: Berkekuatan Super, Tanaman Australia Bisa Bersihkan Kontaminasi Nuklir

Sayangnya, tak banyak orang yang menyukai ide ini. Banyak orang khawatir ketika menempatkan reaktir nuklir yang kuat di kapal.

Para ahli lingkungan dan pakar nuklir khawator jika terjadi bencana alam. Jika bencana alam di wilayah yang dilalui kapal ini tentu akan menjadi bencana lingkungan yang parah.

Meski menimbulkan sejumlah kekhawatiran, rencana ini terus dilakukan. Tapi, demi keamanan, reaktor nuklir yang seharusnya dimuat di galangan kapal St Petersburg itu dipindahkan.

Akhirnya, pengujiannya akan dilakukan di Artik.

"Untuk menguji reaktir nuklir di daerah padat penduduk seperti pusat St Petersburg adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab,: ungkap Jan Haverkamp, ahli nuklir Greenpeace dikutip dari odditycentral.com, Selasa (01/05/2018).

"Namun, memindahkan pengujian 'Titanic Nuklir' ini dari mata publik tidak serta merta mengurangi tanggung jawabnya," imbuhnya.

Haverkamp juga khawatir terhadap cuaca ekstrem. Dia menjelaskan bahwa kapal ini bisa menjadi Chernobyl lain yang menyebabkan kerusakan besar pada lingkungan Artik.

Kasus Chernobyl adalah pelajaran berharga bagaimana pembangkit listrik tenaga nuklir di Rusia meledak pada 1986.

"Pembangkit listrik tenaga nuklir terapung biasanya akan digunakan di dekat garis pantai dan perairan dangkal," kata Haverkamp.

"Bertentangan dengan klaim mengenai keselamatan, lambung kapal yang datar dan pembangkit listrik nuklir terapung ini akan sangat rentan terhadap tsunami dan badai," imbuhnya.

Baca juga: Mengapa Padi Mutasi Nuklir Sulsel Disebut yang Terbaik?

Menjawab kekhawatiran ini, perusahaan pembuatnya, Rosatom mengklaim bahwa Akademik Lomonosov hampir tahan terhadap tsunami dan bencana alam lainnya.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com