Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Berthie, Tetap Enerjik Meski Hidup Melawan Dua Kanker

Kompas.com - 06/04/2018, 17:33 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perawakannya masih gagah, senyumnya selalu tersungging, dan rambutnya masih lebat kendati memutih. Begitulah sekilas penampakan fisik Albert Charles Sompie (58).

Pantas saja tubuhnya masih bugar untuk seumurannya, Berthie, begitu dia disapa, merupakan mantan kapten tim softball nasional pada era 1980-1990.

Namun, meski Berthie mantan atlet yang terbilang rutin berolahraga, tidak ada jaminan hidupnya bebas dari penyakit. Padahal, Berthie juga dikelilingi orang-orang terdekat yang berkecimpung di dunia medis, sebut saja sang istri yang merupakan dokter gigi atau si kakak ipar yang adalah dokter paru.

Rupanya di balik keceriaan yang selalu dia tampakan, tersimpan kegetiran perjuangan yang harus dilakoni. Berthie pun memutar kembali kisah hidup dan penyakit yang harus dilawannya.

"Paru-paru kanan saya sudah dipotong setengah karena kanker. Waktu ketahuan sudah stadium 3B," terangnya saat ditemui usai acara "Kenali Kanker Kolorektal Lebih Dekat" di Jakarta pada Selasa (3/4/2018).

Baca juga : Sintas dari Kanker Kolorektal, Kisah Umbu Hidup dengan Kantung Stoma

November 2005 menjadi bulan yang meruntuhkan semangat hidupnya. Tak pernah terbayang sebelumnya bahwa Berthie akan didera kanker bahkan terhitung sudah stadium lanjut.

Namun, sebenarnya dia telah menduga terkena kanker paru-paru. Pasalnya, berat tubuhnya selalu berkurang hampir tiap hari. Selain itu, dia punya kebiasaan buruk yang tidak bisa ditinggalkan sejak umur 17 tahun.

"Dulu tiap hari hisap 60 batang rokok. Meski atlet, saya enggak bisa tinggalkan kegiatan buruk itu," ungkapnya.

Awalnya, dia mengelak ada tumor sebesar enam sentimeter yang bersarang di paru-paru kanan. Dia ogah menjalani perawatan medis, dan malah menempuh pengobatan alternatif selama sebulan.

Beruntung, Berthie sadar atas risiko yang bakal diterima dan pada Desember 2005, menjalani operasi pengangkatan sebagian paru-parunya.

Baca juga : Temuan Baru, Penyintas Kanker Testis Rentan Terkena Penyakit Jantung

Kanker Kolorektal

Akan tetapi, nasib baik lagi-lagi tidak berpihak pada Berthie. Seusai operasi tersebut, Berthie kembali rutin berenang. Suatu waktu setelah berenang, dia merasakan sakit perut yang berlebihan dan berlanjut.

Dia berpikiran bahwa pola makan pedas kegemarannyalah yang menyebabkan sakit perut. Berthie memang gila cabai. Setiap hari, dia bisa melahap 60 cabai dalam berbagai olahan.

Dia pun memeriksakan diri ke dokter hingga diambil tindakan untuk kolonoskopi.

"Rupanya saya kena kanker usus, stadiumnya sama dengan kanker paru, 3B. Jadi juga harus operasi kanker usus, hanya berselang kurang dari tiga bulan dari paru," bebernya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com