Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2018, 12:27 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber VOA News


KOMPAS.com - Para ilmuwan Jerman baru saja memanen sayuran pertama yang ditanam tanpa tanah dan cahaya di Antartika.

Peneliti di Neumayer Station III Jerman, memanen 3,6 kilogram sayur selada hijau, 18 ketimun, dan 70 lobak. Semua sayuran ini ditanam di rumah kaca percobaan untuk mengakali saat suhu luar ruangan di bawah -20 derajat Celsius dan hampir tidak ada matahari.

Lewat percobaan ini, diharapkan peneliti dapat memasok sayuran segar bagi astronot yang sedang ada di ruang angkasa dan memerangi kekurangan sayuran di iklim yang ekstrem seperti Antartika.

Baca juga : NASA Berencana Kirim Lebah ke Mars, Untuk Apa?

"Pada bulan Mei nanti kami berharap sudah dapat memanen 4 sampai 5 kilogram buah dan sayuran setiap minggu," ujar Daniel Schubert, manajer proyek The German Aerospace Center (DLR) yang mengkoordinasi proyek tersebut, dilansir VOA News, Kamis (5/4/2018).

Mereka berharap, saat NASA nantinya berhasil menanam sayuran di stasiun luar angkasa Internasional (ISS), proyek DLR sudah dapat memanen lebih banyak jenis buah dan sayuran.

Sejauh ini sayuran yang telah berhasil ditanam antara lain lobak, salad hijau, tomat, mentimun, cabai dan rempah-rempah termasuk basil, paterseli, daun bawang, dan ketumbar.

"Saat ini kita sedang mencoba menabur stroberi. Kali ini Anda harus lebih sabar (melihat hasilnya)," ujar Daniel.

Paul Zabel, anggota DLR bersama selada hijau segar yang baru dipanen. Paul Zabel, anggota DLR bersama selada hijau segar yang baru dipanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com