Kompas.com - 02/04/2018, 10:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Diakui atau tidak, salah satu tujuan kita berolahraga adalah untuk hidup sehat dengan menurangi banyak kalori dalam tubuh.

Selain olahraga, sebenarnaya ada cara lain yang bisa kita lakukan. Temuan dalam jurnal Temperature Maret 2017, menyebut manfaat mandi air panas setara dengan jalan kaki selama 30 menit.

Penelitian ini dilakukan oleh ahli fisiologi olahraga Steve Faulkner dari Loughborough University, Inggris.

Faulkner menemukan mandi air panas dapat mengurangi puncak kadar gula darah. Pada saat bersamaan, energi yang dikeluarkan melonjak signifikan.

Baca juga : Mengapa Mengurangi Kalori Dapat Memperpanjang Umur? Sains Jelaskan

"Fokus kami ingin mengamati energi yang keluar saat mandi. Hal yang kami temukan adalah energi yang dikeluarkan meningkat sampai 80 persen hanya dengan berendam selama satu jam," kata Faulkner Science Alert, dilansir Kamis (29/3/2018).

Faulkner menambahkan, suhu air saat mandi juga memengaruhi seberapa banyak energi yang keluar dari tubuh.

Saat ia meneliti 14 pria yang dipantau kadar gula darahnya dan berendam di air panas suam-suam kuku bersuhu 40 derajat Celsius selama sejam, energi yang dikeluarkan jauh lebih tinggi.

Dalam penelitian, berendam di air panas selama satu jam dapat membakar 140 kalori.

Faulkner menduga hal ini karena sesuatu yang disebut protein kejut panas (heat-shock protein). Protein kejut panas di mana suhu meningkat karena olahraga, ternyata juga bisa muncul dengan pemanasan pasif.

"Protein kejut panas adalah molekul yang dibuat semua sel tubuh karena respon adanya tekanan. Dalam jangka panjang, peningkatan kadar protein dapat membantu fungsi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah," jelas Faulkner.