Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2018, 10:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Diakui atau tidak, salah satu tujuan kita berolahraga adalah untuk hidup sehat dengan menurangi banyak kalori dalam tubuh.

Selain olahraga, sebenarnaya ada cara lain yang bisa kita lakukan. Temuan dalam jurnal Temperature Maret 2017, menyebut manfaat mandi air panas setara dengan jalan kaki selama 30 menit.

Penelitian ini dilakukan oleh ahli fisiologi olahraga Steve Faulkner dari Loughborough University, Inggris.

Faulkner menemukan mandi air panas dapat mengurangi puncak kadar gula darah. Pada saat bersamaan, energi yang dikeluarkan melonjak signifikan.

Baca juga : Mengapa Mengurangi Kalori Dapat Memperpanjang Umur? Sains Jelaskan

"Fokus kami ingin mengamati energi yang keluar saat mandi. Hal yang kami temukan adalah energi yang dikeluarkan meningkat sampai 80 persen hanya dengan berendam selama satu jam," kata Faulkner Science Alert, dilansir Kamis (29/3/2018).

Faulkner menambahkan, suhu air saat mandi juga memengaruhi seberapa banyak energi yang keluar dari tubuh.

Saat ia meneliti 14 pria yang dipantau kadar gula darahnya dan berendam di air panas suam-suam kuku bersuhu 40 derajat Celsius selama sejam, energi yang dikeluarkan jauh lebih tinggi.

Dalam penelitian, berendam di air panas selama satu jam dapat membakar 140 kalori.

Faulkner menduga hal ini karena sesuatu yang disebut protein kejut panas (heat-shock protein). Protein kejut panas di mana suhu meningkat karena olahraga, ternyata juga bisa muncul dengan pemanasan pasif.

"Protein kejut panas adalah molekul yang dibuat semua sel tubuh karena respon adanya tekanan. Dalam jangka panjang, peningkatan kadar protein dapat membantu fungsi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah," jelas Faulkner.

Baca juga : Label Kalori pada Menu Makanan Bisa Cegah Obesitas

Ia berkata, berendam di air panas dapat membantu pasien diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah. Kegiatan ini juga membantu semua orang untuk mengontrol berat badan.

Meski begitu, peneliti menyarankan kita juga tetap perlu mengimbangi dengan berolahraga teratur untuk mencapai hasil yang optimal.

Berendam di air panas dapat memberi manfaat besar bagi mereka yang kesulitan melakukan olahraga.

Bila berendam di air panas selama sejam dapat mengurangi 140 kalori, maka bersepeda selama sejam dapat mengurangi 630 kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com