Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mudah Menghitung Kalori yang Anda Bakar - Kompas.com

Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mudah Menghitung Kalori yang Anda Bakar

Lutfy Mairizal Putra
Kompas.com - 26/08/2017, 17:13 WIB
Ilustrasi olahraga memperbaiki suasana hatiUberImages Ilustrasi olahraga memperbaiki suasana hati

KOMPAS.com –- Saat seseorang merasa kelebihan berat badan, menghitung asupan kalori dan berapa berapa banyak kalori yang terbuang menjadi bagian dari rutinitas.

Beberapa aplikasi telah menyediakan cara menghitung jumlah kalori yang terbuang. Namun, perhitungannya seringkali hanya pada gerakan olahraga tertentu. Padahal, segala aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari juga membakar kalori.

Tenang saja, Anda tak perlu repot mencari berapa kalori yang terbuang untuk aktivitas sepele. Para peneliti dari National Institutes of Health (NIH) dan Arizona State University telah menyusun tabel kalori untuk berbagai aktivitas, mulai dari berjalan kaki, memancing, berkebun, beribadah, hingga berdandan.

Jika ada waktu luang, tengoklah laman Compendium of Physical Activities. Disusun sejak tahun 1993, para peneliti telah memperbaharui data mereka dengan Compendium 2011.

Perhitungannya bergantung pada nilai MET, di mana satu MET setara dengan energi yang dibutuhkan untuk duduk diam atau satu kilokalori (kcal) per kilogram per jam. Jadi, seseorang dengan berat badan 70 Kg akan membakar 70 kcal jika duduk diam selama satu jam.

Penggunaan Compendium of Physical Activities cukup mudah. Anda tinggal memilih salah satu kegiatan dan nilai MET untuk aktivitas tersebut akan tertera. MET yang berwarna biru menandakan nilai tersebut didasari hasil penelitian, sedangkan MET berwarna merah hanya hasil perkiraan.

Namun, hitung dulu berapa berat tubuh Anda. Untuk mendapatkan berapa kalori yang terbuang per jam, persamaannya adalah nilai MET dikalikan dengan berat tubuh dalam kilogram. Bila Anda hanya melakukannya dalam setengah jam, hasil persamaannya bisa dibagi dua.

Sebagai contoh, seseorang dengan berat 79,38 kilogram olahraga sepak bola kompetitif yang bernilai 10 MET selama satu jam. Artinya, kalori yang terbuang adalah 793,8 kalori per jam (79,38 kilogram x 10).

Meski demikian, tingkat metabolisme setiap orang memiliki perbedaan. Secara alami, ada orang yang akan lebih mudah membakar kalorinya dibandingkan orang lain.

Selain itu, tabel ini juga tidak memperhitungkan perbedaan massa tubuh, lemak, usia, jenis kelamin, efisiensi pergerakan, dan kondisi ketinggian. Perhitungannya hanya berdasarkan waktu yang dihabiskan selama Anda bergerak.

Jika saat bermain bola selama satu jam, Anda menghabiskan setengah dari waktu tersebut untuk berdiri diam, maka nilai perhitungan kalori harus dibagi dua dan ditambah dengan nilai kalori selama Anda berdiri untuk mendapatkan pengeluaran energi yang sebenarnya.

Namun, jika Anda terlalu malas, perhitungan tersebut dapat ditinggalkan. Sebab, yang paling penting adalah berolahraga secara rutin untuk menghindari datangnya penyakit.

PenulisLutfy Mairizal Putra
EditorShierine Wangsa Wibawa

Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM