Bak Lingkaran Setan, Obesitas Bikin Indera Perasa Tumpul

Kompas.com - 22/03/2018, 17:03 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Plos Biologymengungkapkan bahwa obesitas bisa membuat indera perasa kita semakin tumpul.

Para ilmuwan menemukan hal tersebut setelah melakukan penelitian pada tikus. Mereka memberi makan tikus dengan pola normal atau berlemak.

Dalam delapan minggu, tikus-tikus yang mendapat pola makan berlemak mengalami obesitas dan menjadi sepertiga kali lebih berat daripada tikus-tikus yang pola makannya normal.

Tikus-tikus yang obesitas juga ditemukan memiliki 25 persen lebih sedikit tunas pengecap dibanding tikus yang sehat.

Temuan ini menunjukkan bahwa kenaikan berat badan tidak hanya mengubah persepsi rasa pada tahap psikologi saja, tetapi juga secara fisik, dan bisa menjelaskan mengapa beberapa orang kesulitan menghentikan kenaikan berat badannya.

Baca juga : Label Kalori pada Menu Makanan Bisa Cegah Obesitas

Robin Dando, seorang peneliti makanan di Cornell University di New York dan penulis utama studi ini, berkata bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa seseorang tidak menjadi obesitas karena mereka lebih suka makan daripada orang-orang yang kurus.

Namun, mereka tidak mendapat tingkat kepuasan yang sama dari makanan dan perlu makan lebih banyak untuk menggantikannya.

Selain itu dengan indera perasa yang lebih tumpul, orang-orang yang mengalami obesitas akan lebih tertarik untuk makan makanan yang lebih tinggi kadar gula dan lemaknya karena memiliki rasa yang lebih kaya.

Nicola Pirastu, seorang pakar genetika yang meneliti tentang preferensi makanan di University of Edinburgh dan tidak terlibat dalam penelitian ini, berkata bahwa perbedaan persepsi rasa pada orang yang obesitas mungkin mendorong mereka untuk memilih makanan yang tidak sehat.

“Ini bisa menciptakan lingkaran setan di mana indera perasa yang lebih tumpul meningkatkan obesitas, yang kemudian mengurangi jumlah indera perasa, dan menyebabkan obesitas yang lebih parah,” ujarnya seperti dilansir dari Guardian, Selasa (20/3/2018).