Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Ikan dan Probiotik Disarankan bagi Ibu Hamil, Ini Alasannya

Kompas.com - 01/03/2018, 21:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Telegraph


KOMPAS.com - Salah satu yang dikhawatirkan ibu setelah melahirkan adalah anak mereka alergi terhadap makanan.

Menurut temuan baru yang dilakukan peneliti Inggris, minyak ikan dan probiotik bisa mengatasi hal tersebut.

Mereka menyarankan agar para ibu hamil mulai mengonsumsi kapsul minyak ikan saat usia kandungan sudah memasuki minggu ke-20. Konsumsi minyak ikan jangan dihentikan saat si kecil lahir, namun terus dilanjutkan selama tiga sampai empat bulan pertama masa menyusui.

Ilmuwan dari Imperial College London yang diberi tugas oleh Food Standards Agency, Inggrismengatakan cara ini ampuh mengurangi risiko alergi makanan pada anak. Sementara probiotik akan mencegah eksim pada kulit bayi.

Baca juga : Jangan Percaya Mitos, Ibu Hamil Tidak Dilarang Makan Durian

Risiko alergi pada telur bisa turun 30 persen bila ibu rutin mengonsumsi minyak ikan. Peneliti juga berkata, probiotik yang dikonsumsi saat usia kandungan berumur 36 sampai 38 minggu akan menurunkan risiko eksim sampai 22 persen.

Perlu diketahui, alergi makanan pada anak-anak dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan gejala seperti ruam, bengkak, muntah, dan gatal. Sedangkan eksim pada anak ditandai dengan kulit kering, pecah-pecah dan gatal. Anak yang menderita eksim cenderung memiliki alergi.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal online Public Library of Science Medicine diklaim sebagai salah satu penelitian terbesar yang mengaitkan pola makan ibu dengan alergi makanan pada anak-anak.

Dalam penelitiannya, para ahli menganalisis lebih dari 400 data penelitian yang melibatkan 1,5 juta ibu dan anak-anak mereka.

Peneliti menemukan efek yang jelas bila ibu hamil mengonsumsi minyak ikan dan probiotik seperti disebutkan di atas, namun mereka belum menemukan bukti bahwa menghindari makanan yang memicu alergi seperti kacang-kacangan, produk susu, dan telur selama kehamilan akan berdampak yang sama.

"Alergi makanan dan eksim pada anak-anak adalah masalah yang ada di seluruh dunia. Meski ada anggapan bahwa makanan yang dikonsumsi ibu hamil memengaruhi bayi mengalami alergi atau eksim, sampai saat ini belum pernah ada analisis data yang komprehensif," kata peneliti utama Dr Robert Boyle dari Imperial College London, dilansir Telegraph, Rabu (28/2/2018).

"Penelitian kami menemukan suplemen probiotik dan minyak ikan dapat mengurangi risiko anak memiliki alergi terhadap makanan. Sehingga temuan ini perlu dipertimbangkan saat pedoman untuk wanita hamil diperbarui," sambungnya.

Rekan penelitian Boyle, Dr Vanessa Garcia-Larsen, menambahkan masih diperlukan penelitian lain untuk lebih memahami bagaimana minyak ikan dan probiotik berpengaruh terhadap alergi dan eksim.

"Meski alergi dan eksim sedang meningkat dan dapat memengaruhi jutaan anak di seluruh dunia, kita masih harus mencari akar penyebab masalah ini dan mengetahui bagaimana mencegahnya. Penelitian kami telah memberi petunjuk dan perlu diikuti penelitian lebih lanjut," katanya.

Baca juga : Inilah Sebabnya Ibu Hamil Harus Hati-hati saat Makan Sate

Dalam penelitian sebelumnya, disebut bahwa asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu meredam sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif.

Probiotik yang biasanya terkandung di dalam kapsul, bubuk, atau minuman kesehatan, disebut memiliki bakteri hidup yang dapat memengaruhi keseimbangan alami mikroba di usus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com