Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir 6 Bulan Tinggal di Luar Angkasa, 3 Astronot Pulang Kampung

Kompas.com - 28/02/2018, 12:18 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber NASA


KOMPAS.com - Baru saja Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan bahwa dua orang astronotnya dan seorang kosmonot Rusia sudah mendarat ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-06.

Mereka adalah astronot Mark Vande Hei (51) dan Joe Acaba (50) dari NASA dan Komandan Alexander Misurkin dari Roscosmos, badan pemerintah Rusia yang bertanggung jawab atas program ilmu antariksa.

Ketiganya merupakan bagian dari ekspedisi 54 yang telah melakukan penelitian dan spacewalk (kegiatan di luar pesawat ruang angkasa) di orbit rendah bumi selama 168 hari sejak  September 2017.

Dilansir dari laman resmi NASA, ikhtisar ekspedisi meliputi penelitian pembuatan filamen serat optik dalam gayaberat mikro, meningkatkan keakuratan biosensor glukose implan, dan mengukur masukan energi Matahari ke Bumi.

Baca juga : Astronot Masa Depan Bisa Tahan Radiasi Luar Angkasa, Begini Caranya

Ketiganya mendarat di kawasan Kazakhstan, Asia Tengah, yang bersalju dan suhu berada di bawah titik beku dini hari Rabu (28/2/2018) waktu Kazakhstan.

Dengan kondisi yang dipenuhi salju dan hujan, awalnya pengendali penerbangan khawatir hal ini akan menghambat pendaratan, namun NASA meyakinkan cuaca tidak seburuk yang dikhawatirkan.

Dilansir My Journal Courier, ketika ketiganya turun dari kapsul Soyuz, mereka langsung melambaikan tangan lalu mengepalkan tangan ke udara dan duduk di kursi yang disiapkan.

Tim medis pun segera membungkus ketiganya dengan selimut tebal dan memeriksa denyut nadi untuk memastikan semua baik-baik saja.

Selama berada di antariksa, Acaba dan Vande Hei membantu mengganti lengan robot besar yang dimiliki stasiun ISS.

NASA berencana untuk mempercepat Acaba dan Vanda Hei kembali ke Houston, Texas, di mana pusat pelatihan astronot NASA dan kontrol penerbangan roket berada. Sementara itu, Misurkin akan segera menuju markas kosmonot yang ada di Star City, Rusia.

Baca juga : Pakaian Baru Astronot Bantu Hindari Stres di Ruang Angkasa, Kok Bisa?

Rencananya, pada 21 Maret nanti enam awak akan berangkat ke stasiun luar angkasa dari Kazakhstan. Mereka akan bergabung dengan anggota ekspedisi lain untuk melanjutkan misi.

Mereka adalah Komandan Anton Shkaplerov dari Roscosmos, Scott Wendle dari NASA, Norishige Kanai dari Japan Aerospace Exploration Agency, Astronot Ricky Arnold dan Drew Feustel dari NASA, serta Oleg Artemyev dari Roscosmos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NASA
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com