Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sains Jelaskan Kenapa Beberapa Lagu Terngiang di Kepala Anda

Kompas.com - 25/01/2018, 20:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Pernahkah Anda tak sengaja mendengar lagu namun lagu itu seolah menempel di kepala dan tidak mau hilang? Atau mungkin Anda tiba-tiba menyanyikannya sebuah lagu lama begitu saja?

Pernahkah Anda bertanya mengapa hal itu terjadi?

Lagu-lagu semacam ini sering disebut dengan "cacing telinga". Penamaan ini karena lagu-lagu itu terus melekat dan seolah bermain di kelapa Anda.

Para ahli menyebut hal ini sebegai "citra musik tak disengaja".

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Music menemukan bahwa lebih dari 90 persen orang mengalami hal ini setiap minggu. Meski ada banyak variasi pada masing-masing orang terhadap lagu-lagu tertentu, tapi biasanya fenomena ini akan bertahan sekitar 30 menit.

Baca juga: Alat Musik Berusia 1.700 Tahun Ditemukan, Ternyata Masih Bisa Dimainkan

Selain itu, biasanya, lagu yang menempel di kepala memiliki lirik, bukan hanya permainan instrumen saja.

Dari 90 persen orang yang mengaku mengalami "cacing telinga" ini, sebagaian besar mengaku itu adalah lagu yang menyenangkan. Tapi beberapa juga merasa lagu yang menempel itu adalah lagu yang menjengkelkan.

"Beberapa orang terganggu dengan lagu-lagu itu sampai-sampai berpengaruh pada kehidupannya," kata Elizabeth Hellmuth Margulis, profesor dan direktur di Music Cognition Lab, Arkansas University dikutip dari Time, Rabu (24/01/2018).

Margulis menyebut lagu-lagu yang mudah menempel di telinga ini mempunyai karakteristik yang dapat diprediksi. Dalam satu hal, mereka cenderung adalah cuplikan kecil dari lagu, bukan keseluruhan.

"Biasanya (yang menempel) hanya melodi," ungkap perempuan yang telah mempelajari bagaimana lagu dapat menempel di kepala seseorang itu.

Hal ini mulai Margulis sadari saat membawa anaknya ke dokter.

"Di kantor dokter ada poster bergambar laki-laki yang menurut saya tampak seperti tokoh Gaston dalam film Beauty and The Beast," kenang Margulis.

"Beberapa menit berlalu, dan saya sadar saya tidak bisa mengeluarkan lagu 'Be Our Guest' (salah satu lagu dalam film tersebut) dari kepala saya," imbuhnya.

Baca juga: Jalan Panjang Pembuktian Manfaat Musik bagi Kesehatan

Padahal, menurut Margulis, dia tak memikirkan lagu itu selama bertahun-tahun. Dalam hal ini, dia mengenali pemicu "cacing telinga" yang dialaminya, yaitu pria berpenampilan mirip Gaston.

"Tapi hubungannya tidak spesifik," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Time



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com