Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2018, 20:07 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com — Sejumlah penemuan besar sudah ditemukan oleh ilmuwan, tetapi ternyata hal-hal kecil dalam kehidupan kita sehari-hari masih menjadi misteri.

Setidaknya, ada tujuh hal yang sering kita temui sehari-hari, tetapi belum ada penjelasan ilmiahnya.

Mengapa bius bisa membuat kita pingsan sebelum operasi?

Bagi Anda yang pernah menjalani operasi, pasti pernah mengalami anestesi atau bius. Ada bius lokal atau total. Keduanya memiliki efek berbeda.   

Bius lokal biasanya dilakukan dengan menyuntikkan obat atau menyemprot bagian tubuh kita dengan semprotan obat agar bagian tubuh tersebut mati rasa, sedangkan bius total biasanya dilakukan dengan menghirup obat propofol atau isofluran agar kita kehilangan kesadaran.

Baca Juga: Pakai Lintah, Ilmuwan Ingin Jaga Hutan Papua Niugini Tetap Lestari

Bisa dilakukan terhadap tanaman, anestesi diketahui berfungsi dengan menghentikan pengiriman signal dari saraf di tubuh ke otak kita.

Akan tetapi, bagaimana penjelasannya? Salah satu artikel yang dimuat New Scientist tahun 2011 menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada yang tahu penjelasannya. Namun, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ilmuwan semakin mendekati penjelasan yang lebih gamblang.

Kok kucing bisa mendengkur?

Kucing mendengkur ketika merasa senang, puas, atau saat di bawah tekanan. Namun, mengapa mereka bereaksi dengan mendengkur?

"Sayangnya, tidak ada yang benar-benar yakin apa yang membuat kucing mendengkur," tulis io9.Gizmodo.

Kucing sebetulnya tidak memiliki "organ yang mendengkur" atau bagian khusus dari tenggorokan kucing yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dengkuran.

Memang ada beberapa penjelasan, misalnya kucing memiliki semacam "osilator saraf" yang terhubung dengan laring, tapi tidak ada yang tahu pasti.

Sementara itu, ada penjelasan lain yang agak sedikit kontroversial karena menganggap dengkuran tersebut bermanfaat bagi kesehatan kucing. 

Apa yang menyebabkan kita mabuk setelah minum minuman keras?

Sampai sekarang, tidak ada yang tahu secara pasti mengapa alkohol bisa membuat kita merasa pusing dan mual yang merupakan tanda-tanda mabuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com