Diet Mediterania Diklaim Bisa Buat Tubuh Kuat Hingga Usia Senja - Kompas.com

Diet Mediterania Diklaim Bisa Buat Tubuh Kuat Hingga Usia Senja

Kompas.com - 15/01/2018, 13:17 WIB
Sayuran segar, zaitun, dan ikan adalah bagian dari diet Mediterania yang dapat membantu orang tetap kuat sampai tua. Sayuran segar, zaitun, dan ikan adalah bagian dari diet Mediterania yang dapat membantu orang tetap kuat sampai tua.

KOMPAS.com - Memiliki tubuh kuat dan sehat saat usia tua adalah harapan semua orang.

Kerentaan dan kerapuhan di masa tua, secara medis disebut frailty, adalah kondisi di mana fisik semakin melemah, ditandai dengan penurunan fungsi sistem organ.

Saat seseorang mengalami masalah tersebut, sangat memungkinkan mereka tiba-tiba jatuh atau harus mendapat perawatan rawat inap.

Para periset dari London memutuskan untuk meneliti jenis diet apa yang dapat memperbaiki masalah ini.

Baca juga : Bagaimana Diet Makanan Cair Menyembuhkan Diabetes Tipe 2 Wanita Ini?

Tim ilmuwan melakukan peninjauan pada empat studi yang telah diterbitkan sebelumnya.

Studi itu mencakup data lebih dari 5.700 orang dengan usia 60 tahun atau lebih yang tinggal di Perancis, Spanyol, Italia, dan China.

Hasil kajian telah diterbitkan di Journal of Americans Geriatrics Society pada Kamis (11/1/2018) lalu.

Dilansir Newsweek, Minggu (14/1/2018), temuan tersebut mengungkap bahwa orang yang menjalankan diet Mediterania akan memiliki tubuh yang lebih kuat di masa tua.

Diet Mediterania merupakan program diet yang mengikuti pola hidup sehat dari negara-negara yang berbatasan dengan laut Mediterania.

Diet Mediterania kaya akan kandungan sayuran, buah, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Selain itu, diet Mediterania mengandalkan campuran minyak zaitun dalam makanan. Dalam dietnya, dianjurkan untuk membatasi konsumsi daging merah.

Baca juga : Diet Gagal Terus? Bisa Jadi karena DNA Anda

"Orang-orang yang mengikuti diet Mediterania cenderung terhindar dari kerapuhan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikutinya," ujar penulis studi Kate Walters.

Walters berkata penelitian yang dilakukannya bukanlah penelitian yang mencari sebab akibat. Penelitiannya ini bertujuan untuk menghubungkan diet dengan kerapuhan di masa tua dan faktor lain bisa jadi memiliki peran pada penurunan frailty syndrome seseorang.

Dalam penelitian lain yang telah dilakukan, diet mediterania disebut dapat memberikan manfaat kesehatan pada jantung dan menurunkan risiko kanker.

Diet Mediterania merupakan konsep diet, bukan berarti harus mengonsumsi makanan persis seperti orang-orang di wilayah tersebut.

Menurut diet Mediterania, prinsip makan sehat adalah lebih banyak sayur, buah, dan makanan olahan susu rendah lemak yang memiliki gizi tinggi, pembatasan lemak jenuh dan asupan garam.

Baca juga : Daftar Diet Terbaik 2018: Keto Peringkat Buncit, DASH Nomor Satu


EditorYunanto Wiji Utomo
SumberNewsweek
Komentar
Close Ads X