Kompas.com - 05/12/2017, 18:44 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com — Memiliki tubuh yang indah adalah impian semua orang. Oleh karena itu, tak jarang banyak orang berdiet untuk mendapatkannya. Namun, tampaknya diet yang "sempurna" berkaitan dengan DNA.

Sebuah temuan awal pada tikus yang diterbitkan pada Jumat (1/12/2017) dalam jurnal online Genetics melihat bagaimana jenis genetika yang berbeda merespons berbagai jenis makanan yang berbeda, termasuk yang umumnya dianggap lebih sehat.

Empat kelompok tikus dengan garis genetik berbeda dipelajari responsnya terhadap pola makan yang berbeda-beda.

Pola makan ini bervariasi dari segi bahan umum, keseimbangan serat, lemak, dan protein, serta "bahan aktif" yang diambil dari beberapa makanan di wilayah tertentu yang sering disebut sebagai superfood.

Baca juga: Menurut Studi Baru, Diet Tinggi Lemak Bisa Bikin Panjang Umur

Beberapa diet yang diuji adalah diet Jepang yang mengandung banyak pati, minyak kedelai, dan ekstrak teh hijau; diet ketogenik yang tinggi lemak dan protein seperti yang dimakan oleh orang Maasai dan Kenya; dan diet Mediterania yang kaya minyak zaitun dan ekstrak anggur merah.

Ketiga diet tersebut dibandingkan dengan diet kontrol yang berisi makanan dari toko dan diet Amerika yang kaya karbohidrat olahan dan lemak.

Setiap kelompok diet menerima jumlah kalori yang sama setiap makan. Namun, selama enam bulan, kelompok genetik yang berbeda menunjukkan efek yang berbeda pada makanan yang sama.

William Barrington, penulis utama penelitian ini, mengatakan, sebagian besar subyek hewan menunjukkan respons yang baik terhadap pola makan yang sehat.